Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

June 17, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Metodologi Studi Islam memberi wawasan mengenai pentingnya memadukan atau mengintegrasikan berbagai metodologi dalam studi Islam. Metodologi Studi Islam saat ini dituntut untuk dapat memberikan jawaban atas dikotomi dan egosektoral metode keilmuan, Ilmu agama (ulum al-din) yang berdasarkan pada kajian normativ/teks (hadarah al-nas) dan kajian keilmuan modern (hadarah al-ilm) serta kajian kritis (hadarah al-falsafat). 

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pendekatan pemikiran Islam/Filsafat Islam dalam Metodologi Studi Islam.
    2. Perkembangan kesarjanaan (State of scholarship) studi Islam Barat dan Timur dalam Studi Islam di Indonesia.
    3. Pergeseran paradigma dari orientalisme ke studi Islam (Islamic studies).
    4. Pendekatan multidipliner, interdisipliner dan transdisipliner.
    5. Pendekatan, teori dan metode dalam studi al-Qur’an.
    6. Pendekatan, teori dan metode dalam studi Hadis.
    7. Pendekatan, teori dan metode dalam studi sejarah Islam.
    8. Pendekatan, teori dan metode dalam studi pemikiran Islam (teologi, filsafat, tasawuf).
    9. Pendekatan, teori dan metode dalam studi hukum Islam.
    10. Pendekatan, teori dan metode studi politik Islam.
    11. Pendekatan, teori dan metode dalam studi wacana keislaman kontemporer (hak asasi manusia dan gender).
    12. Pendekatan studi agama-agama.
    13. Teori-teori sosial dalam studi Islam. 

  • Pustaka

  • 1. Alatas, F. (2014). Applying Ibn Khaldun: The recovery of a lost tradition in sociology. Routledge.

    2. Amsal, B. (2002). Filsafat agama: Sebuah pengantar. RajaGrafindo Persada.
    3. Anshori, I. (1991). Cendekiawan Muslim dalam perspektif pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.
    4. Anshori, I. (2015). Kritik epistemologi Islam dalam Islamologi terapan. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam5(2).
    5. Anshori, I. (2003). Modernisasi pendidikan Islam dalam pondok pesantren. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

    6. Anshori, I. (2020). Melacak state of the art fenomenologi dalam kajian ilmu-ilmu sosial. Halaqa: Islamic Education Journal, 2(2), 165–181.

    7. Arfella, R. Y., & Anshori, I. (2021). Strategi Islam dalam menghadapi ilmu pengetahuan dan teknologi. International Journal on Integrated Education (IJIE), 4(1), 25.

    8. Ayoob, M. (2008). The many faces of political Islam: Religion and politics in Muslim societies. University of Michigan Press.
    9. Azra, A. (1994). Jaringan ulama Timur Tengah dan kepulauan Nusantara abad XVII dan XVIII: Akar pembaruan Islam Indonesia. Mizan.
    10. Baso, A. (2005). Al-Jabiri, Eropa dan Kita: Islam dan modernitas. LKiS.
    11. Connolly, P. (2001). Aneka pendekatan studi agama. (Terj. S. Munawir Sjadzali). RajaGrafindo Persada. (Judul asli: Approaches to the Study of Religion)
    12. Daniels, T. P. (2012). Sharia dynamics: Islamic law and sociopolitical processes. Springer.
    13. Davidson, G. A. (2020). Carrying on the Hadith: A social and intellectual history of Hadith transmission across a thousand years. Oxford University Press.
    14. Hodgson, M. G. S. (1974). The venture of Islam: Conscience and history in a world civilization (Vol. 1). University of Chicago Press.
    15. Khir, B. M. S. (2007). Islamic studies within Islam: Definition, approaches and challenges of modernity. Islamic Studies46(2), 133–158.
    16. Mir-Hosseini, Z. (Ed.). (2013). Gender and equality in Muslim family law: Justice and ethics in the Islamic legal tradition. I.B. Tauris.
    17. Mujiburrahman. (2006). The phenomenological approach in Islamic studies: An overview of a Western attempt to understand Islam. Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies44(2), 221–244.
    18. Nadhiroh, S., & Anshori, I. (2023). Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 56–68. 
    19. Rahemtulla, S. (2017). Qur’an of the oppressed: Liberation theology and gender justice in Islam. Oxford University Press.
    20. Reid, A. (1988). Sejarah perdagangan dan pelayaran di Asia Tenggara. (Terj. H. M. Subroto). LP3ES. (Judul asli: Southeast Asia in the Age of Commerce)
    21. Saed, A. (2006). Interpreting the Qur’an: Towards a contemporary approach. Routledge.
    22. Schimmel, A. (1994). Deciphering the signs of God: A phenomenological approach to Islam. State University of New York Press.
    23. Saeed, A. (2006). Islamic Thought: An Introduction.

     

    1. LCD
    2. Smart TV
    3. Office
    4. Whiteboard


    dosen-msi-metodologi-studi-islam
    Dr. Isa Anshori, M.Ag
    197306042005011007
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester