Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 17, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Strategis dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam mengenai konsep, teori, dan praktik manajemen strategis dalam konteks organisasi dakwah dan bisnis berbasis Islam. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana strategi dirancang, diimplementasikan, dan dievaluasi untuk mencapai keunggulan kompetitif dan keberlanjutan organisasi.

Fokus utama mata kuliah ini mencakup analisis lingkungan internal dan eksternal organisasi, formulasi strategi berbasis nilai Islam, implementasi strategi dalam organisasi sosial dan bisnis, serta evaluasi kinerja strategis. Selain itu, mahasiswa juga akan mengembangkan keterampilan kepemimpinan strategis, inovasi dalam dakwah, dan manajemen risiko dalam pengelolaan organisasi dakwah.

Dalam perkuliahan ini, mahasiswa akan dilatih untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dalam menyusun strategi yang berdampak bagi kemajuan organisasi dakwah. Pembelajaran dilakukan melalui studi kasus, diskusi interaktif, dan proyek perencanaan strategis agar mahasiswa memiliki pengalaman langsung dalam menyusun dan mengelola strategi organisasi.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pendahuluan: Konsep Dasar Manajemen Strategis
    2. Proses Manajemen Strategis Dalam Organisasi Dakwah
    3. Visi, Misi, Dan Tujuan Strategis Dalam Organisasi Dakwah
    4. Analisis Lingkungan Eksternal: Peluang Dan Ancaman
    5. Analisis Lingkungan Internal: Kekuatan Dan Kelemahan
    6. Formulasi Strategi: Model Dan Pendekatan
    7. Perencanaan Strategi Dalam Organisasi Dakwah
    8. Ujian Tengah Semester (UTS)
    9. Implementasi Strategi Dalam Organisasi Dakwah
    10. Kepemimpinan Strategis Dalam Organisasi Dakwah
    11. Pengendalian Strategis Dan Manajemen Risiko Dalam Dakwah
    12. Evaluasi Kinerja Strategis Organisasi Dakwah
    13. Inovasi Dan Keunggulan Kompetitif Dalam Strategi Dakwah
    14. Studi Kasus Strategi Organisasi Dakwah
    15. Rencana Strategis Untuk Organisasi Dakwah
    16. Ujian Akhir Semester (UAS)

  • Pustaka
    • Barney, J. B., & Hesterly, W. S. (2018). Strategic Management and Competitive Advantage. Pearson.

    • Christensen, C. M. (2013). The Innovator’s Dilemma. Harvard Business Review Press.

    • David, F. R. (2020). Strategic Management: Concepts and Cases. Pearson.

    • Eisenhardt, K. M., & Graebner, M. E. (2007). Theory building from cases. Academy of Management Journal, 50(1), 25-32.

    • Hrebiniak, L. G. (2013). Making Strategy Work. Pearson Education.

    • Kaplan, R. S., & Norton, D. P. (2004). Strategy Maps. Harvard Business School Press.

    • Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2019). Strategic Management. McGraw-Hill Education.

    • Rothaermel, F. T. (2020). Strategic Management. McGraw-Hill Education.

    • Simons, R. (2013). Performance Measurement and Control Systems for Implementing Strategy. Pearson Education.

    • Wheelen, T. L., Hunger, J. D., Hoffman, A. N., & Bamford, C. E. (2018). Strategic Management and Business Policy. Pearson.

    • Yukl, G. (2019). Leadership in Organizations. Pearson Education.

    1. Learning Management System (LMS) –  Google Classroom
    Alasan:

    ·       Sebagai platform utama untuk mengunggah materi kuliah, tugas, diskusi online, dan ujian daring.
    ·       Mempermudah manajemen perkuliahan secara terstruktur dan terdokumentasi.

    2. Slide Presentasi 
    Alasan:

    ·       Digunakan untuk menjelaskan konsep Manajemen Strategis dengan visualisasi yang menarik.
    ·       Memudahkan mahasiswa dalam memahami teori dan model strategi melalui skema dan diagram.

    3. Studi Kasus dan Business Model Canvas (BMC)
    Alasan:

    ·       Memungkinkan mahasiswa untuk menganalisis strategi organisasi dakwah menggunakan pendekatan nyata.
    ·       Mengajarkan keterampilan berpikir strategis dan problem-solving dalam konteks bisnis dan dakwah Islam.

    4. Diskusi Kelompok dan Role Play
    Alasan:

    ·       Melatih mahasiswa dalam mengambil keputusan strategis secara kolaboratif.
    ·       Menyediakan pengalaman belajar berbasis skenario nyata dalam organisasi dakwah dan bisnis Islam.

    5. Google Forms, Kahoot, atau Quizizz (Evaluasi Interaktif)
    Alasan:

    ·       Digunakan untuk kuis interaktif dan asesmen formatif, membantu pengukuran pemahaman mahasiswa secara cepat dan menyenangkan.

    ·       Meningkatkan partisipasi mahasiswa dalam kelas dengan metode pembelajaran berbasis game dan interaktivitas.

    dosen-manajemen-strategis
    Prof. Imas Maesaroh, Dip.IM-Lib., M.Lib., Ph.D.
    196605141992032001
    dosen-manajemen-strategis
    Ahmad Khairul Hakim,, S.Ag., M.Si
    197512302003121001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester