Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 19, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Deskripsi Singkat Mata Kuliah Manajemen Pemasaran

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan praktik manajemen pemasaran yang meliputi analisis pasar, perilaku konsumen, segmentasi, targeting, positioning, bauran pemasaran (marketing mix), strategi komunikasi pemasaran, hingga evaluasi efektivitas strategi pemasaran. Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep dasar pemasaran, menganalisis lingkungan pemasaran, serta merancang strategi pemasaran yang inovatif dan aplikatif sesuai dengan kebutuhan organisasi profit maupun non-profit.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    Konsep dan perkembangan manajemen pemasaran

    Lingkungan pemasaran (internal dan eksternal)

    Perilaku konsumen dan proses pengambilan keputusan pembelian

    Segmentasi, targeting, dan positioning (STP)

    Strategi produk dan pengembangan inovasi

    Strategi harga dan penetapan nilai

    Distribusi dan saluran pemasaran

    Komunikasi pemasaran terpadu (IMC)

    Digital marketing dan e-commerce

    Pemasaran jasa

    Pemasaran global dan lintas budaya

    Pemasaran sosial dan non-profit

    Analisis dan riset pemasaran

    Evaluasi kinerja pemasaran dan customer relationship management (CRM)

  • Pustaka
  • Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management. 15th Edition. Pearson.

    Lamb, Charles W., Hair, Joseph F., & McDaniel, Carl. (2018). Marketing. Cengage Learning.

    Pustaka Pendukung
    Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2021). Principles of Marketing. Pearson.

    Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran. Andi Offset.

    Strauss, Judy & Frost, Raymond. (2016). E-Marketing. Routledge.

    Presentasi (PPT) interaktif

    Video pembelajaran dan studi kasus pemasaran

    Artikel dan jurnal pemasaran terkini

    Learning Management System (LMS) / e-learning

    Aplikasi digital marketing (Google Analytics, Canva, Social Media Tools)

    dosen-manajemen-pemasaran
    Ahmad Khairul Hakim,, S.Ag., M.Si
    197512302003121001
    dosen-manajemen-pemasaran
    Much. Firman Mauludin, SE.,MM
    B15067
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester