Matakuliah ini mengajarkan konsep dasar pemasaran Haji Umroh dan wisata religi, memiliki kemampuan untuk melakukan perencanaan dan sasaran pemasaran, menjelaskan langkah-langkah memasuki pasar, mempromosikan produk serta menjelaskan pemasaran bidang jasa Haji, Umroh dan Wisata Religi
1. Konsep pemasaran haji dan umroh
2. manajemen pemasaran Haji dan Umroh
3. konsep perencanaan pemasaran Haji dan Umroh
4. strategi untuk mengenal konsumen Haji dan Umroh
5. strategi penetapan harga produk haji dan umroh
6. strategi promosi produk Haji dan Umroh
1. Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
2. Bashu Swastha, Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Penerbit Liberti Yogyakarta, 2001
3. Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam dan Penyelenggaraan Haji Departemen Agama RI. Realitas & Tantangan Penyelenggaraan Ibadah Haji (Jakarta: PT. Mediacita, 2003)
4. Philip Kotler, Dasar-dasar Pemasaran, alih bahasa Wilhelmus W. Bakowatun, Intermedia, 1987
5. Philip Kotler, Gary Armstrong; Principles of Marketing, Prentice Hall Europe, Second Europe Edition, 1999
Ms. Word, PDF Reader, MS. Power Point, Zoom, Google Classroom, Whatsapp