Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 11, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Pada perkuliahan ini mahasiswa pertama kali akan belajar tentang definisi, filosofi dan urgensi merek (brand). Kegiatan branding tidak cuma dikaitkan pada produk bisnis, tetapi juga pada hal lain seperti organisasi profit dan non-profit, komunitas, kota, negara bahkan pribadi (personal branding). Perspektif Islam tentang manajemen merek juga dipelajari untuk mengawal sisi ethics dari manajemen merek. Setelah mengenal filosofi dasar merek, mahasiswa kemudian diperkenalkan lebih lanjut tentang berbagai topik kajian manajemen merek seperti Brand Value, Brand Identity, Brand Image, Brand Awareness, Brand Positioning, Brand Communication, Brand Experience, Brand Trust, Brand Satisfaction, dan Brand Loyalty. Konsep-konsep lain yang sering dijumpai secara praktis juga dibahas seperti istilah branding, co-branding, re-branding, influencer, buzzer, dan brand ambassador.

Tujuan dari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman yang holistik tentang konsep, filosofis dan teknis manajemen merek dengan diperkaya oleh beberapa diskusi contoh kasus dan experential learning manajemen merek. 

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Definisi, Filosofi dan Urgensi Merek
    2. Perspektif Islam tentang merek dan manajemen merek
    3. Brand Building
    4. Brand Value
    5. Brand Identity 
    6. Brand Image
    7. Brand Awareness 
    8. Brand Positioning 
    9. Brand Communication 
    10. Brand Experience 
    11. Brand Trust
    12. Brand Satisfaction 
    13. Brand Loyalty 

  • Pustaka
    1. Haro, A., Loso, J., Nugroho, M.A., Setiawan, R., Susanti, R., Tanti. (2024). Brand Management. Sonpedia. Jambi.
    2. Yuvita, H. et.al. (2025). Etika dan Tanggung Jawab Sosial dalam Pemasaran. Rey Media Grafika. Batam.
    3. Mirza, G.S., Bramayudha, A. (2024). Program Makan Gratis di Masjid Pemuda Indonesia sebagai Strategi Inovasi untuk Meningkatkan Kecintaan Generasi Muda kepada Masjid. TATHWIR: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. 15 (2), 191-204. (Integrasi Keilmuan Dosen Pengampu)
    4. Bramayudha, A., et.al. (2018). Manajemen Pemasaran Media. UIN Sunan Ampel Press. Surabaya. (Integrasi Keilmuan Dosen Pengampu)
    5. Rianto, J. (2022). Semua Tentang Merek. Nas Media Indonesia. Makassar.

    Powerpoint, Whiteboard, Google Meet, Whatsapp group, YouTube, Instagram, TikTok.

    dosen-manajemen-merk
    Airlangga Bramayudha, MM
    197912142011011005
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester