Pada perkuliahan Manajemen Event pada Prodi Manajemen Dakwah ini mahasiswa pertama kali dipahamkan dengan definisi dan filosofi event dan event organizer. Agar mencapai tujuan dari event dan manajemen event maka dipelajari pula proses manajemen event seperti planning, organizing, actuating/leadership dan controlling/evaluating dalam manajemen event dan manajemen fungsional dalam manajemen event seperti manajemen strategi event, manajemen aset event, manajemen SDM event, manajemen keuangan event, manajemen komunikasi, manajemen pemasaran event dan manajemen operasional event.
Berbagai jenis event juga diperkenalkan dan didiskusikan mulai dari skala kecil sampai skala internasional. Baik event keagamaan maupun umum. Baik event offline maupun online.
Mahasiswa juga mendapat pembelajaran berbasis experential learning dan service learning project dalam manajemen event. Kegiatan colaboration, team building, liaison officer and volunteering dilatihkan sebagai tulang punggung pembelajaran. Wawasan Sustainable Development Goals terutama SDGs ke 17 yaitu Partnership for The Goals juga diberikan agar pembelajaran semakin juga memiliki dampak positif bagi mahasiswa dan masyarakat.
Tujuan dari perkuliahan ini mahasiswa mengenal berbagai jenis event dan memiliki pengalaman dalam terlibat dalam kepengurusan manajemen event manajemen dakwah yang berskala besar dan profesional.
1. Filosofi Event
2. Filosofi Event Organizer
3. Manajemen fungsional event organizer
4. Experential Learning, Project Based Learning
5. Service Learning
6. SDGs
1. Al Hanif dan Airlangga Bramayudha, 2024. Manajemen Event Dakwah pada Masyarakat Perkotaan
(Studi Peringatan 1 Muharram di Kampung Klampis Semalang Surabaya). Jurnal Al-Manaj. Vol.4, No.2.
2. Furqon Mukminin, 2015, Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Haji dan Umrah (Studi Kasus di Sultan Agung Tour & Travel Semarang), Skripsi Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
3. Airlangga Bramayudha, 2023. Hajj and Umrah during Covid-19 Pandemic: Case of Indonesia. International Journal of Islamicate Social Studies, Vol.1, No.1.
4. Airlangga Bramayudha et al., 2020. Manajemen Fasilitas di Ruang Utama Masjid Al Falah Surabaya, Jurnal Masjiduna : Jurnal Ilmiah Stidki ar-Rahmah, Vol.3, No.1.
5. Wahana Wirawan, 2017, Manajemen Operasional Khotbah Jum’at di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Skripsi Prodi Manajemen Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya.
6. Abdulloh Azzama dan Muhyani, 2019, Manajemen Masjid Jogokariyan Yogyakarta sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat, Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah.
7. Airlangga Bramayudha et al., 2019. Manajemen Pengelolaan Aset Pada Tempat Ibadah. Masjiduna : Junal Ilmiah Stidki Ar-Rahmah, Vol.2, No.2.
8. Binthaj Fadila, 2018, Studi Kasus Komunikasi Persuasif Muslim Wedding Organizer “Orbit Semesta Production” Yogyakarta dalam Mengirimkan Pesan Dakwah kepada Khalayak, Skripsi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
9. Kamal dan Teguh Widodo, 2018, Perencanaan dan Penyelenggaraan Event Seminar Nasional Start Up di Industri Kreatif Zaman Now Berbasis Digital Business (Tinjauan Aspek Sumber Daya Manusia dan Operasional), Journal of Applied Business Administration.
10. McFadden and Smeaton, 2017. Amplifying student learning through volunteering, Journal of University Teaching and Learning Practice, Vol.14, No.3.
11. Janet et al., 1997. The Impact of Service-Learning on College Students. Michigan Journal of Community Service Learning, v4, p5-15.
12. Mahlia Nur Rahman et al., 2025. Teachers' Challenges in Improving Students' Collaboration Abilities. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial. Special Edition: Renaisans 1st International Conference of Social Studies.
1. WhatsApp Group
2. Powerpoint
3. WhiteBoard
4. Google
5. YouTube
6. Instagram