Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 14, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini menjelaskan aspek-aspek dalam organisasi dan implikasinya pada komunikasi organisasi, tidak hanya komunikasi di dalam tetapi juga komunikasi organisasi dengan lingkungannya. Sistem komunikasi organisasi dipengaruhi oleh karakter organisasi, sehingga mata kuliah ini diawali dengan pemahaman tentang organisasi. Aspek ini meliputi pertumbuhan organisasi yang dikaitkan dengan inovasi, konflik, pengambilan keputusan, iklim dan budaya organisasi.

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa mampu menganalisa situasi komunikasi organisasi, mulai dari hubungan antara pimpinan dengan bawahan, sesama pimpinan, sesama bawahan dalam suatu organisasi. Selain itu juga dibahas tentang teori organisasi, struktur, Iklim, peran dan fungsi komunikasi organisasi, budaya dan iklim organisasi.

 

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pengantar: Urgensi Komunikasi Organisasi dalam Manajemen Dakwah

    2. Konsep Dasar dan Teori Komunikasi Organisasi

    3. Struktur dan Pola Komunikasi dalam Organisasi

    4. Dinamika dan Tantangan Komunikasi Organisasi

    5. Strategi Komunikasi dalam Organisasi Dakwah

    6. Teknik Komunikasi Kepemimpinan dalam Organisasi Dakwah

    7. Pemanfaatan Media dan Teknologi dalam Komunikasi Organisasi

    8. Komunikasi dalam Manajemen Konflik Organisasi

    9. Komunikasi Interpersonal dalam Organisasi Dakwah

    10. Negosiasi dan Diplomasi dalam Organisasi Dakwah

    11. Komunikasi Organisasi dan Budaya Kerja Islami

    12. Manajemen Krisis dalam Komunikasi Organisasi

    13. Evaluasi Efektivitas Komunikasi Organisasi

    14. Studi Kasus dan Best Practices Komunikasi Organisasi Dakwah

  • Pustaka
  •       1. Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.

    1. Rachmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.
    2. Effendy, Onong Uchjana. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.
    3. Pace, Wayne & Faules, Don. (Alih bahasa: Gani T. M.) Komunikasi Organisasi. Remaja Rosdakarya.
    4. Wiryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Kencana.
    5. Sobirin, Achmad. Manajemen Dakwah dalam Organisasi. UIN Press.

    Referensi Tambahan (Penulis Luar Negeri)

    1. Goldhaber, Gerald M. Organizational Communication: Process and Product. McGraw-Hill.
    2. Robbins, Stephen P. Organizational Behavior. Pearson Education.
    3. Kreps, Gary L. Organizational Communication: Theory and Practice. Longman.
    4. Luhmann, Niklas. The Reality of the Mass Media. Stanford University Press.
    5. Cheney, George et al. Organizational Communication in an Age of Globalization. Waveland Press.

    PowerPoint Slides

    Untuk presentasi materi tiap minggu

    Video Edukasi

    Youtube: komunikasi organisasi, negosiasi, manajemen krisis

    Simulasi/Role-play

    Untuk praktik kepemimpinan, konflik, negosiasi

    Studi Kasus (PDF/Print)

    Bahan analisis kasus organisasi dakwah

    E-learning/UIN LMS

    Upload materi, forum diskusi, kuis online

    Google Classroom / WhatsApp Group

    Kolaborasi & komunikasi antar mahasiswa

    Infografis/Poster Digital

    Ringkasan konsep teori dan model komunikasi organisasi

    dosen-komunikasi-organisasi
    Dr. Syaifuddin Zuhri, M.Si
    196610242014111001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester