Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 16, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Pada mata kuliah Digital Marketing ini mahasiswa belajar tentang berbagai konsep dasar dan strategi pemasaran digital yang diaplikasikan pada keilmuan Manajemen Dakwah.

Pertama-tama mahasiswa akan diperkenalkan tentang Perkembangan Teknologi Digital (Digital Technology). Bagaimana teknologi digital merubah masyarakat menjadi Masyarakat Digital (Digital Society). Selanjutnya berlanjut menjadi masyarakat ekonomi digital (Digital Economy). Dan pemasaran digital (Digital Marketing) sebagai bagian dari Digital Economy. 

Di sisi lain mahasiswa juga akan belajar tentang pekembangan dakwah dalam era masyarakat digital saat ini (Digital Dakwah). Bagaimana integrasi dan kolaborasi keilmuan antara syiar dakwah dan pemasaran. Termasuk juga pada era masyarakat digital. Berbagai jenis dakwah digital juga diperkenalkan. Tidak cuma lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional. 

Berbagai jenis istilah digital marketing juga diperkenalkan seperti digital campaign, strategi digital funnel marketing, pemasaran berbasis website, social media, digital communication, e-commerce, e-payment, marketplace dan berbagai platform dan aplikasi pendukung lainnya. Digital marketing yang dibahas yaitu pemasaran organik, semi-organik menggunakan influencer dan pemasaran digital berbayar menggunakan iklan (ads). 

Untuk lebih dapat memahami pembelajaran tidak hanya disampaikan di kelas dalam bentuk ceramah dan presentasi diskusi tetapi ada juga dalam bentuk project Service Learning. Wawasan Sustainable Development Goals juga diberikan agar pembelajaran semakin juga memiliki dampak positif bagi individu dan masyarakat.

Hasil akhir dari perkuliahan ini mahasiswa bisa memahami berbagai konsep dasar dan praktis dari digital marketing dan aplikasinya dalam digital society, baik dalam bidang dakwah maupun dalam bidang sosial dan ekonomi.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Digital Technology
    2. Digital Society
    3. Digital Dakwah
    4. Digital Economy
    5. Digital Marketing
    6. Service Learning 
    7. SDGs

  • Pustaka
  • 1. M. Hilbert, 2020. Digital technology and social change: the digital transformation of society from a historical. Dialogues in clinical neuroscience,Taylor & Francis.
    2. Osipov et al., 2021. Digital Society as the Basic Institution of the Digital Economy of the 21st Century. Springer Nature.
    3. Asna Istya Marwantika, 2021.Tren Kajian Dakwah Digital di Indonesia: Sistematic Literature Review. Proceeding of The 1st Conference on Strengthening Islamic Studies in the Digital Era (FICOSIS).
    4. Putra et al., 2025. Digital Marketing Strategy. YPAD International Book.
    5. Xavier dan Airlangga Bramayudha, 2023. Optimalisasi Website Dalam Pelayanan Aqiqah Di Nurul Hayat Surabaya. Journal of Islamic Management-JIM, Vol.3, No.1.
    6. Febriani dan Airlangga Bramayudha, 2024. Peran Media Sosial pada Lembaga Zakat berbasis Ormas dalam Pengembangan Masyarakat, Al-Manaj, Vo.4, No.2.
    7. Airlangga Bramayudha et al., 2022. 
    Management Marketing di Era Perubahan Revolusi Industri 5.0., Indomedia Pustaka. ISBN 978-623-96432-3-2.
    8. Janet et al., 1997. The Impact of Service-Learning on College Students. Michigan Journal of Community Service Learning, v4, p5-15. 
    9. Ekaputra et al., 2024. 
    Are Digital Marketing Trends and Challenges Aligned with SDGs?: A Review of Indonesian SMEs. Sinergi International Journal of Economics, Vo.2, No.2.

    1. WhatsApp Group
    2. Powerpoint
    3. WhiteBoard
    4. Google
    5. YouTube
    6. Instagram

    dosen-digital-marketing
    Airlangga Bramayudha, MM
    197912142011011005
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester