Pada mata kuliah Digital Marketing ini mahasiswa belajar
tentang berbagai konsep dasar dan strategi pemasaran digital yang diaplikasikan pada keilmuan Manajemen Dakwah.
Pertama-tama mahasiswa akan diperkenalkan tentang Perkembangan Teknologi Digital (Digital Technology). Bagaimana teknologi digital merubah masyarakat menjadi Masyarakat Digital (Digital Society). Selanjutnya berlanjut menjadi masyarakat ekonomi digital (Digital Economy). Dan pemasaran digital (Digital Marketing) sebagai bagian dari Digital Economy.
Di sisi lain mahasiswa juga akan belajar tentang pekembangan dakwah dalam era masyarakat digital saat ini (Digital Dakwah). Bagaimana integrasi dan kolaborasi keilmuan antara syiar dakwah dan pemasaran. Termasuk juga pada era masyarakat digital. Berbagai jenis dakwah digital juga diperkenalkan. Tidak cuma lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional.
Berbagai jenis istilah digital marketing juga diperkenalkan seperti digital campaign, strategi digital funnel marketing, pemasaran berbasis website, social
media, digital communication, e-commerce, e-payment, marketplace dan berbagai platform dan aplikasi pendukung lainnya. Digital marketing yang dibahas yaitu pemasaran organik,
semi-organik menggunakan influencer dan pemasaran digital berbayar menggunakan iklan (ads).
Untuk lebih dapat memahami pembelajaran tidak hanya disampaikan di kelas dalam bentuk ceramah dan presentasi diskusi tetapi ada juga dalam bentuk project Service Learning. Wawasan Sustainable Development Goals juga diberikan agar pembelajaran semakin juga memiliki dampak positif bagi individu dan masyarakat.
Hasil
akhir dari perkuliahan ini mahasiswa bisa memahami berbagai konsep dasar dan
praktis dari digital marketing dan aplikasinya dalam digital society, baik dalam bidang dakwah maupun dalam bidang sosial dan ekonomi.
1. Digital Technology
2. Digital Society
3. Digital Dakwah
4. Digital Economy
5. Digital Marketing
6. Service Learning
7. SDGs
1. WhatsApp Group
2. Powerpoint
3. WhiteBoard
4. Google
5. YouTube
6. Instagram