Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menyampaikan presentasi yang efektif serta melakukan negosiasi secara profesional. Materi meliputi konsep dasar komunikasi persuasif, perencanaan presentasi, teknik berbicara di depan umum, penggunaan media, strategi negosiasi, serta etika komunikasi. Melalui pembelajaran teori, simulasi, dan praktik, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan menyampaikan presentasi yang meyakinkan, mengelola audiens dengan percaya diri, serta mencapai kesepakatan negosiasi yang menguntungkan dan beretika sesuai kebutuhan profesional di bidang komunikasi dan penyiaran.
Konsep Dasar Presentasi dan Negosiasi
Perencanaan Presentasi
Teknik Penyampaian Presentasi
Penggunaan Media Presentasi
Manajemen Audiens
Dasar-dasar Negosiasi
Teknik Negosiasi Efektif
Etika Presentasi dan Negosiasi
Simulasi dan Studi Kasus
Carnegie, Dale. The Art of Public Speaking. New York: Simon & Schuster, 2017.
Duarte, Nancy. Resonate: Present Visual Stories that Transform Audiences. New Jersey: Wiley, 2010.
Fisher, Roger & William Ury. Getting to Yes: Negotiating Agreement Without Giving In. New York: Penguin Books, 2011
Lucas, Stephen E. The Art of Public Speaking. New York: McGraw-Hill Education, 2020.
Buku & Modul
Media Audio-Visual
Alat Peraga
Latihan & Simulasi