Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 21, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Komunikasi Massa membahas konsep, teori, dan dinamika media massa dalam berbagai konteks. Mahasiswa akan mempelajari karakteristik, efek, serta hubungan media dengan sistem pemerintahan dan kebijakan, konten media, genre, analisis isi, serta audiens pasif dan aktif. Mata kuliah ini juga mengeksplorasi realitas media di era digital, regulasi media, serta literasi dan etika komunikasi massa. Melalui analisis kritis, mahasiswa memahami peran media dalam kehidupan sosial dan implikasinya dalam industri komunikasi.



  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pemahaman komunikasi massa
    2.  Karakteristik dan ciri-ciri komunikasi massa
    3. Efek Komunikasi Massa
    4. Teori-Teori Komunikasi Massa
    5. Hubungan media dan sistem pemerintahan
    6. Konsep konten media, genre, teks, tujuan analisis media dan jenis-jenis analisis isi media
    7. Karakter audiens media massa, tradisi riset audiens, auidiens pasif dan aktif, kelembagaan dan manajemen pasar audiens
    8. Proses dan model komunikas massa
    9. Media massa online dan networking
    10. Regulasi Media: Pendekatan Politik-Ekonomi Media serta UU Penyiaran
    11. Literasi Media Massa
    12. Konstruksi Media Massa atas Realitas Sosial
    13. Etika Dalam Komunikasi Massa

  • Pustaka
    1. Dasrun Hidayat, Leili Kurnia Gustini, Ilyas Lampe, Komunikasi Massa dan Media Digital, Bandung: Penerbit Simbiosa, 2025

    2. Wahyu Mahesa Miarta, Media Sosial dalam Society 5.0: Menavigasi Konektivitas Manusia di Era Digital, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2024

    3. Nurnawati Hindra Hastuti,Komunikasi Massa: Sebuah Pengantar,Surakarta: Unisri Press, 2024

    4. Haryo Sutanto, dkk., Komunikasi, Politik, dan Media Massa: Dinamika dan Kompleksitas di Era Digital, Malang: Inara Publisher, 2022

    5. Kun Wazis, Komunikasi Massa: Kajian Teoritis dan Empiris, Jember: UIN KHAS Jember, 2022

    6. Annisa Eka Syafrina, Komunikasi Massa,Jakarta: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,2022

    7. Ido Prijana Hadi,dkk. Komunikasi Massa,Surabaya: CV.Penerbit Qiara Media, 2021

    8. Umaimah Wahid, Komunikasi Politik: Teori, Konsep,dan Aplikasi pada Era Media Baru, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2018

    9. Apriadi Tamburaka, Literasi Media:Cerdas Bermedia Khlayak Media Massa, (Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2013)
    10. David Buckingham (2007). Media education : literacy, learning and contemporary culture (Reprinted. ed.). Cambridge [u.a]: Polity Press. ISBN 0745628303 dalam http://en.wikipedia.org/wiki/Media_literacy
    11. Andrew Burn and James Durran,  Media Literacy in Schools ; Practice, Production and Progression  (London : Paul Chapman Publishing A SAGE Publications Company, 2007)
    12. Dennis McQuail, Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Edisi Kedua (Jakarta: Penerbit Erlangga, 1991)
    13. Dennis McQuail & Sven Windhal, Communication Models; for the study of mass communication, (London and New York; Longman, 1995)
    14. Melvin L. DeFleur, Sandra J. Ball Rokeach, Theories of Mass Communication, 5th edition, (New York: Longman Inc. 1989)
    15. Werner J. Severin, James W. Tankard, Jr., Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa, Alih bahasa: Sugeng Hariyanto,(Jakarta: Kencana, 2005)
    16. Nengah Bawa Atmaja, Luh Putu Sri Ariyani, Sosiologi Media; Perspektif Teori Kritis (Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2018)
    17. Roger D. Wimmer, Joseph R. Dominic, Mass Media Research; an introduction, second edition, (California: Wadsworth Publishing Company, 1983)
    18. Burhan Bungin, Konstruksi Sosial Media Massa, (Jakarta: Kencana, 2008)
    19. Eriyanto, Media dan Opini Publik (Jakarta: Rajawali Press, 2018)
    20. Zulkarimein Nasution,  Etika Jurnalisme; Prinsip-Prinsip Dasar (Jakarta: Rajawali Press, 2015)
    21. Asep Syamsul M. Romli, Jurnalistik Online, (Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia, 2012)
    22. Henry Faizal Noor, Ekonomi Media, (Jakarta: Rajawali Press, 2010)
    Integrasi Karya Dosen Pengampu:
    1. Ali Nurdin, dkk., The Expression of Millennial Female Journalists' Idealism: Experiences of Female Journalist in Surabaya, Indonesia, Brazilian Journalism Research, Vol. 18 No. 1 2022, hal. 214 - 237, ISSN online: 1981-9854ISSN printed (discontinued since 2008): 1808-4079, Penerbit : Associação Brasileira de Pesquisadores em Jornalismo/ SBPJor , Index : Sqopus Q3, Alamat link : https://bjr.sbpjor.org.br/bjr/issue/view/63  dan https://bjr.sbpjor.org.br/bjr/article/view/1459
    2. Ali Nurdin, The Use of Social Media Digital Native and Digital Immigrant Muslim Generation in Surabaya, Proceedings of International Conference On Da'wa & Communication, ICONDAC Proceeding, , Vol. 1 No. 1 (2019), hal : 134 - 147, E-ISSN : 2686-6048, Penerbit : Fakultasa Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya, Alamat Link : http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ICONDAC/issue/view/7 dan http://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ICONDAC/article/view/284  dan  https://doi.org/10.15642/icondac.v1i1.284
    3. Ali Nurdin, The Online Islamic Media Journalism in Indonesia: The Trend Analysis of Political News, Communication Science Research (ICCSR 2018), Vol…., hal…, ISBN : 978-94-6252-596-2  ISSN (Online): 2352-5398, Penerbit : Atlantis Press.  Alamat Link : https://www.atlantis-press.com/proceedings/iccsr-18/25904588  dan  https://dx.doi.org/10.2991/iccsr-18.2018.30
    4. Ali Nurdin & Mufti Labib (2021), Komunikasi Sosial Generasi Milenial di Era Industri 4.0. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/cjik/article/view/14912. DOI :10.15575/cjik.v5i2.14912

    Laptop/sejenis
    LCD Projector
    Papan Tulis

    dosen-komunikasi-massa
    Prof. Dr. Ali Nurdin, S.Ag., M.Si
    197106021998031001
    dosen-komunikasi-massa
    Lukman Hakim, S.Ag, M.Si, MA
    197308212005011004
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester