Mata kuliah Komunikasi Massa membahas konsep, teori, dan dinamika media massa dalam berbagai konteks. Mahasiswa akan mempelajari karakteristik, efek, serta hubungan media dengan sistem pemerintahan dan kebijakan, konten media, genre, analisis isi, serta audiens pasif dan aktif. Mata kuliah ini juga mengeksplorasi realitas media di era digital, regulasi media, serta literasi dan etika komunikasi massa. Melalui analisis kritis, mahasiswa memahami peran media dalam kehidupan sosial dan implikasinya dalam industri komunikasi.
Dasrun Hidayat, Leili Kurnia Gustini, Ilyas Lampe, Komunikasi Massa dan Media Digital, Bandung: Penerbit Simbiosa, 2025
Wahyu Mahesa Miarta, Media Sosial dalam Society 5.0: Menavigasi Konektivitas Manusia di Era Digital, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2024
Nurnawati Hindra Hastuti,Komunikasi Massa: Sebuah Pengantar,Surakarta: Unisri Press, 2024
Haryo Sutanto, dkk., Komunikasi, Politik, dan Media Massa: Dinamika dan Kompleksitas di Era Digital, Malang: Inara Publisher, 2022
Kun Wazis, Komunikasi Massa: Kajian Teoritis dan Empiris, Jember: UIN KHAS Jember, 2022
Annisa Eka Syafrina, Komunikasi Massa,Jakarta: Universitas Bhayangkara Jakarta Raya,2022
Ido Prijana Hadi,dkk. Komunikasi Massa,Surabaya: CV.Penerbit Qiara Media, 2021
Umaimah Wahid, Komunikasi Politik: Teori, Konsep,dan Aplikasi pada Era Media Baru, Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2018