Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kewirausahaan untuk menciptakan peluang usaha yang inovatif dan berkelanjutan. Materi meliputi konsep dasar kewirausahaan, kreativitas dan inovasi bisnis, perencanaan usaha, analisis pasar, strategi pemasaran, manajemen keuangan, hingga pengelolaan risiko. Melalui pembelajaran teori, studi kasus, dan praktik perancangan bisnis, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan ide usaha yang kreatif, menyusun rencana bisnis yang aplikatif, serta memiliki mentalitas wirausaha yang berintegritas, adaptif, dan tangguh menghadapi tantangan.
Hisrich, Robert D., Michael P. Peters, & Dean A. Shepherd. Entrepreneurship. New York: McGraw-Hill Education, 2017.
Timmons, Jeffry A., & Stephen Spinelli. New Venture Creation: Entrepreneurship for the 21st Century. New York: McGraw-Hill Education, 2016
Suryana. Kewirausahaan: Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat, 2013
Zimmerer, Thomas W., & Norman M. Scarborough. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. New Jersey: Pearson Education, 2018.
Osterwalder, Alexander, & Yves Pigneur. Business Model Generation. Hoboken: Wiley, 2010.
Buku & Modul
Media Audio-Visual
Alat Peraga