Mata kuliah Filsafat Dakwah ini dirancang untuk memperkenalkan mahasiswa pada konsep, prinsip, dan teori dakwah dalam Islam. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan memahami hakikat dakwah, strategi dakwah yang efektif, dan etika berdakwah. Mahasiswa juga akan mempelajari teori-teori komunikasi, perubahan sosial, dan psikologi dalam konteks dakwah. Dengan demikian, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan untuk menganalisis dan mengembangkan strategi dakwah yang efektif, serta memahami pentingnya etika dan tanggung jawab dalam berdakwah
1. Orentasi
kajian mata kuliah filsafat dakwah
2. Pengertian dan Sejarah Perkembangan Dakwah
3. Pengertian dan obyek kajian
filsafat bdakwah
4. Fungsi, tugas dan tujuan
filsafat dakwah
5. Kajian filosofis teori dan
konsep dakwah
6. Sistem nilai dan moral Islami
7. Strategi Pergerakan dakwah
8. Dakwah dan
problem modernitas
9.
1. M. Anis Bachtiar, Dakwah Kolaboratif: Model Alternatif Komunikasi Islam Kontemporer, Jurnal Komunikasi Islam | Volume 03, Nomor 01, Juni 2013 | 153.
2. M. Anis Bachtiar, Metode Penelitian Komunikasi Dakwah, Surabaya: UIN Sunan Ampel Press Anggota IKAPI, 2014.
3. M. Anis Bachtiar, Prihananto, Bustanul Arifin, Ellyda Retpitasari, Psikolinguistik Sebagai Pendekatan Komunikasi Dakwah Pada Generasi Milenial, Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 12, No. 2, Oktober 2022.
4. M. Anis Bachtiar, Urgensi Filsafat Dakwah dalam Meningkatkan Kompetensi Calon Praktisi Dakwah, Jurnal Komunikasi Islam | Volume 10, Nomor 02, Desember 2020| 327
5. M. Anis Bachtiar, Global Da’wa Revitalization through Spiritual Values in Local Wisdom, Proceedings of International Conference on Da'wa and Communication, 2019/11/5
6. Burhan Bungin, S.Sos., M.Si, Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat, Jakarta: Kencana, 2007
7. John Obert Voll, Islam, Continuity and Change in Modern World, New York: Syracuse University Press, 1994.
8. Akbar S. Ahmed, Rekonstruksi Sejarah Islam di tengah Pluralitas Agama dan Peradaban, Yogyakarta: Fajar Pustaka BAru, 2003
9. Kartasapoetra, Sosiologi Industri, Jakarta: PT. RIneka Cipta, 1992
10. Didin Hafidhuddin, M.Sc., Jakarta: Gema Insani Press,1998
11. Hamdan Daulay, M.Si., Dakwah di tengah persoalan Budaya dan politik, Yogyakarta: LESFI, 2001.
12. Fazlur Rahman, Islam & Modernitas, Bandung: Pustaka, 1985
13. Abdul Basit, Filsafat Dakwah. Jakarta: Rajawali Press, 2013
14. Anton Bakker dan A. Charis Zubair. Metodologi Penelitian Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1992.
15. Nur Syam, Failsafat Dakwah, Pemahaman Filosofis Tentang Ilmu Dakwah. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama. 2003.
16. Syukriadi Sambas, Sembilan Pasal Pokok-Pokok Filsafat Dakwah. Bandung: Sajjid Publishing Hous. 2009.
1. Buku
2. Jurnal
3. LCD
4. TV Digital