Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 14, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji dan membahas prinsip-prinsip etika dan norma hukum yang berlaku dalam dunia media massa, baik secara nasional maupun internasional. Materi mencakup regulasi media, kode etik jurnalistik, hukum penyiaran, kebebasan pers, serta perspektif Islam terhadap etika media. Tujuan dari mata kuliah ini adalah membentuk pemahaman kritis dan sikap profesional mahasiswa dalam menghadapi persoalan etis dan hukum media. Target yang diharapkan adalah mahasiswa mampu menerapkan etika jurnalistik dan regulasi media dalam praktik komunikasi dan penyiaran Islam secara bertanggung jawab dan bermoral

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Etika dan Hukum Media

    1.    Pengertian norma, etika dan hukum;

    2.    Regulasi media massa dan peraturan perundang-undangan;

    3.    UU Organik dan LandasanKonstitusional Media massa;

    4.    Kode EtikJurnalistik Dewan Pers, PWI dan AJI;

    5.    Etika Media Penyiaran Radio dan Televisi;

    6.    Pedoman Pemberitaan Media Siber (Media Online), Etika PeliputanJurnalis Online;

    7.    Kebebasan Pers di Indonesia

    8.    Etika Jurnalistik Media Radio dan TelevisisesuaiStandar Program Siaran (P3SPS) produk KPI

    9.    Hak jawab dan HakTolak, HakKoreksi dan Trial by The Press;

    10.  Etika Hukum Media Internasional;

    11.  Etika Hukum Media dalampandangan Islam;

    12.  Posisi Dewan Pers dan KomisiPenyiaran Indonesia (KPI).

     

  • Pustaka
  • Referensi Utama:

    1.    Denis McQuail. McQuail’s Mass Communication Theory, 6th Edition. London: SAGE Publications, 2010.

    2.    Burhan Bungin. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana, 2011.

    3.    H. Hafied Cangara. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

    4.    Rakhmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

    5.    Nashih Nashrullah. Etika Jurnalistik di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group, 2021.

    6.    KPI. Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS). Jakarta: Komisi Penyiaran Indonesia, 2012.

    7.    Qardhawi, Yusuf. Etika Islam: Solusi Problematika Sosial Kontemporer. Jakarta: Gema Insani, 2001.

    8.    UNESCO. Media Development Indicators: A Framework for Assessing Media Development. Paris: UNESCO, 2008.

    9.    Gun Gun Heryanto. Jurnalisme Profetik. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media, 2016.

    10.  Richard Barrow. Media Law. Oxford: Oxford University Press, 2013.

     

    1. Slide Presentasi Interaktif (PowerPoint/Canva/Prezi). Digunakan untuk menyampaikan materi teori, prinsip hukum dan etika media secara sistematis.
    1. Video Edukasi / Film Dokumenter, Menampilkan cuplikan pelanggaran etika media, peliputan bermasalah, atau kisah sukses media etis
    2. Artikel Berita Aktual & Studi Kasus, menggunakan berita aktual dari media daring sebagai bahan diskusi atau analisis kasus.
    3. LMS atau e-Learning Platform (Google Classroom, Moodle, dll.)
    4. Infografis & Peta Konsep (Mind Mapping). digunakan untuk materi hukum seperti peta Undang-undang Pers, struktur KPI, mekanisme hak jawab.
    5. Mock Trial & Role Play, Media simulasi untuk praktik pelanggaran etika media: Mahasiswa berperan sebagai wartawan, redaktur, Dewan Pers.

    dosen-etika-dan-hukum-media
    Dr. Syaifuddin Zuhri, M.Si
    196610242014111001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester