Mata kuliah Media Prosumer membahas dinamika hubungan antara produsen dan konsumen dalam ekosistem media digital modern. Mahasiswa akan mempelajari konsep prosumerisme, karakteristik media baru, keterlibatan komunitas, serta peluang dan tantangan dalam praktik media yang melibatkan partisipasi aktif audiens. Melalui studi kasus dan proyek penelitian, mahasiswa diajak untuk menganalisis dan menciptakan strategi komunikasi berbasis teori media dan komunikasi kontemporer.
1. Konsep dasar Media dan Prosumer
2. Sejarah dan perkembangan media sosial
3. Karakteristik media prosumer (partisipasi, multiplatform, literasi digital)
4. Konvergensi media dan media baru
5. Jurnalisme warga dan etika media
6. Analisis perilaku media dan konsumen
7. Bisnis, tantangan, dan peluang media prosumer
8. Penyusunan dan presentasi proposal penelitian tentang fenomena prosumerisme
García-Galera, M. C., & Valdivia, A. (2014). Media prosumers. Participatory culture of audiences and media responsibility. Comunicar, 22(43), 10-13.
Garcia-Ruiz, R., Ramirez-Garcia, A., & Rodriguez-Rosell, M. M. (2014). Media Literacy Education for a New Prosumer Citizenship. Comunicar, 22(43).