Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 11, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Kreatif Periklanan dan Pemasaran membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi strategi komunikasi pemasaran yang kreatif dan efektif. Materi mencakup konsep dasar periklanan, prinsip pemasaran modern, strategi branding, copywriting, desain pesan visual, pemanfaatan media digital, hingga analisis perilaku konsumen. Melalui pendekatan teoritis dan praktis, mahasiswa akan belajar mengintegrasikan kreativitas dengan tujuan pemasaran untuk menciptakan kampanye yang inovatif, tepat sasaran, dan berdampak positif bagi citra merek. Mata kuliah ini juga menekankan pada etika komunikasi, tren industri, serta penggunaan teknologi terbaru dalam dunia periklanan dan pemasaran.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Mata Kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang periklanan sebagai bagian dari kajian ilmu komunikasi. Pembahasan matakuliah ini meliputi proses ide kreatif, pengembangan tahapan kreatif, serta praktek produksi iklan digital berupa audio visual. Ketentuan pembuatan portfolio dari mata kuliah ini adalah berdasarkan Real Project dan Real Client.

  • Pustaka
    • Belch, George E. and Belech, Michael A. 2003. Advertising and Promotion: an Integrated Marketing Communication Perspective. Sixth Edition. The McGrawHill.
    • Web, Rick. 2015. Starting A Creative Firm in The Age of Digital Marketing (Advertising Age). Pallgrave Macmillan. New York.
    • Moriarty, Sandra. 2014. Advertising and IMC : Principles and Practice. Prentice Hall.
    • Rodger, Shelly, Esther Thorson. 2012. Advertising Theory: Routledge Communication Series. Routledge. New York.
    • Cheng, Hong. 2014. THE HANDBOOK OF INTERNATIONAL ADVERTISING RESEARCH. Wiley Balckwell
    • Davis, Aeron. 2013. PROMOTIONAL CULTURES - THE RISE AND SPREAD OF ADVERTISING, PUBLIC RELATIONS, MARKETING AND BRANDING. Wiley Blackwell

    • power point
    • LCD
    • Laboratorium
    • Peralatan Produksi media

    dosen-kreatif-periklanan-dan-pemasaran
    Dr. AFIFATUR ROHIMAH, M.I.Kom, S.AB.. M.I.Kom
    199404102020122026
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester