Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 19, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas tetang konsep, ruang lingkup, dan fungsi komunikasi politik. Disamping itu juga mahasiswa akan dibekali dengan konsep dan analisis  praktik komunikasi politik, termasuk hubungan antara media, aktor politik, dan masyarakat. Untuk memperkuat pada aspek teori, mahasiswa dibekali dengan kajian teori komunikasi politik. Mahasiswa juga diperkenalkan dan dilatih untuk melakukan analisis  pada fenomena komunikasi politik seperti kampanye, opini publik, framing media, citra politik, dan komunikasi politik digital. Untuk lebih memperdalam wawasan, pemahaman tentang komunikasi politik serta ketrampilan analisis dalam konteks demokrasi dan globalisasi, maka  dalam pembelajaran dilengkapi dengan studi kasus, diskusi, dan praktik simulasi. 

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengantar Komunikasi Politik ( definisi, urgensi, tujuan,  dan ruang lingkup)
    2. Sejarah perkembangan komunikasi politik
    3. Teori komunikasi politik
    4. Aktor dalam komunikasi politik
    5. Pesan , dan simbol dalam Komunikasi politik
    6. Opini publik dan survey dalam  komunikasi politik
    7. Media  komunikasi Politik
    8. Ujian Tengah Semester
    9. Strategi kampanye politik
    10. Komunikasi dalam Pemilu 
    11. Citra dan branding dalam komunikasi politik
    12. Khalayak dalam komunikasi politik
    13. Komunikasi politik dan isu kontemporer
    14. Etika dalam komunikasi politik
    15. Analisis komunikasi politik di Indonesia dan international
    16. Ujian akhir semester

  • Pustaka
    1. McNair, B. (2018). An Introduction to Political Communication. Routledge.
    2. Nimmo, D. (2019). Political Communication and Public Opinion in America. Praeger.
    3. Liliweri, A. (2019). Komunikasi Politik. Jakarta: Prenadamedia.
    4. McQuail, D. (2020). McQuail’s Media and Mass Communication Theory. Sage.
    5. Norris, P. (2020). Digital Divide: Civic Engagement, Information Poverty, and the Internet Worldwide. Cambridge.
    6. Eriyanto. (2018). Analisis Opini Publik. Jakarta: Prenadamedia.
    7. Castells, M. (2017). Networks of Outrage and Hope: Social Movements in the Internet Age. Polity Press.
    8. Aspinall, E. (2019). Democracy for Sale: Elections, Clientelism, and the State in Indonesia. Cornell University Press.
    9. Edelman, M. (2019). Constructing the Political Spectacle. University of Chicago Press.

    1. LCD
    2. Laptop
    3. Video pembelajaran/dokumenter
    4. Whiteboard dan spidol
    5. PPTX

    dosen-komunikasi-politik
    Dr. Lilik Hamidah, S.Ag., M.Si.
    197312171998032002
    dosen-komunikasi-politik
    Muchlis, S.Sos.I, M.Si
    197911242009121001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester