Mata kuliah ini membahas konsep dasar, urgensi serta hubungan antara budaya dan komunikasi. Selain itu teori komunikasi antarbudaya, dan faktor yang menyebabkan konflik antarbudaya sehingga terjadi miskomunikasi dalam interaksi di masyarakat. Culture shock dan siklus serta akulturasi budaya dan irisan antara budaya dengan agama. Studi tentang komunikasi antarbudaya pada konteks lokal dan global, termasuk dalam konteks kerja dan profesi serta fenomena komunikasi antarbudaya, termasuk dinamika interaksi antarindividu dan antarkelompok dalam latar belakang budaya yang berbeda. Mahasiswa juga akan mengkaji bagaimana nilai, norma, bahasa, identitas, dan persepsi memengaruhi proses komunikasi. Selain itu, mahasiswa akan dilatih melalui studi kasus, simulasi, dan analisis media agar mampu memahami serta mempraktikkan komunikasi antarbudaya dalam konteks global maupun lokal.
1. Konsep, urgensi dan ruang lingkup komunikasi antarbudaya
2. Pengertian budaya, unsur/elemen budaya dan hubungannya dengan komunikasi
3. Teori komunikasi antarbudaya (high- low context culture, individualisme- kolektivisme, dll)
4. Bahasa dalam komunikasi antarbudaya
5. Identitas individu dan sosial dalam komunikasi antarbudaya
6. Stereotipe, dan konflik dalam komunikasi antarbudaya
7. Pluralisme, multikulturalisme, etnosentrisme dan rasisme
8. Ujian Tengah Semester ( materi pert 1-7)
9. Culture shock, siklus dan cara mengatasinya
10. Irisan antara agama dan budaya
11. Globalisasi dan komunikasi antarbudaya
12. Komunikasi antarbudaya di media
13. Komunikasi antarbudaya dalam dunia kerja dan profesi
14. Etika dalam komunikasi antarbudaya
15. Analisis komunikasi antar budaya di Indonesia
16. Ujian akhir semester
Barker, C. (2019). Cultural Studies: Theory and Practice. Sage.
Gudykunst, W. B. (2018). Bridging Differences: Effective Intergroup Communication. Sage.
Liliweri, A. (2018). Dasar-dasar Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Liliweri, A., (2018). Prasangka, Konflik & Komunikasi Antarbudaya. Jakarta : Prenada Mediagroup
McQuail, D. (2020). McQuail’s Media and Mass Communication Theory. Sage.
Nye, J. S. (2017). Soft Power: The Means to Success in World Politics. Public Affairs.
1. Laptop
2. LCD
3. Video Pembelajaran
4. Film/dokumenter
5. whiteboard