Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 18, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Creative Advertising pada program studi Ilmu Komunikasi membahas konsep, strategi, dan teknik dalam menciptakan iklan yang efektif dan menarik. Mahasiswa diajarkan untuk memahami peran kreativitas dalam periklanan, mulai dari ide, konsep, hingga eksekusi. Materi mencakup analisis audiens, pengembangan pesan yang persuasif, serta pemilihan media yang tepat untuk mencapai target pasar. Selain itu, mahasiswa juga belajar mengenai tren terbaru dalam industri periklanan dan tantangan yang dihadapi di dunia digital. Dengan pendekatan praktis, mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam merancang kampanye iklan yang inovatif dan berdampak.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengantar Creative Advertising
    2. Proses Kreatif dalam Periklanan
    3. Pengenalan Target Audiens
    4. Pengembangan Konsep Iklan
    5. Penulisan Iklan (Copywriting)
    6. Visual dan Desain dalam Iklan
    7. Media dan Saluran Iklan
    8. Etika dalam Periklanan
    9. Analisis dan Evaluasi Iklan
    10. Tren dan Inovasi dalam Periklanan

  • Pustaka
    1. Kertamukti, R. (2020). Strategi kreatif dalam periklanan:Konsep pesan, media, branding,anggaran. PT. RajaGrafindo Persada.
    2. Wahyuni, I. I. (2020). Media planning & buying. Deepublish.
    3. Sari, P. A. (2020). Pengembangan ekonomi kreatif berbasis human capital. Semnas Fekon: Optimisme Ekonomi Indonesia 2013, Antara Peluang dan Tantangan, 11-12
    4. Bianchini, C. (2021). Creative city economies and their governance: The role of local authorities in creative industries. Journal of Urban Affairs, 43(1), 22-37. https://doi.org/10.1080/07352166.2020.1753379
    5. Choi, Y., & Lee, S. M. (2020). Effects of creative advertising on consumers' attitudes and brand loyalty. Journal of Marketing Communications, 26(4), 384-400. https://doi.org/10.1080/13527266.2018.1512946
    6. Hasrullah. (2024). Potensi industri kreatif dalam mendiversifikasi ekonomi biru di Kepulauan Riau: Analisis eksploratif. Jurnal Archipelago, 3(1), 83-98. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.14558.00324
    7. A Rohimah, Y Ardilla, MK Anam. (2021). Media Relations Strategy in Promoting Destination of Kutang Beach of Lamongan District, Indonesia. Vol. 3 No. 1 (2021): Proceding ICONDAC. DOI: https://doi.org/10.15642/icondac.v3i1.491(Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    8. AH Sari, R Sugihartati, N Wulan, A Rohimah. (2022). Health Communication Revolution Through Content: Multi-Step Flow and More Spill Over of Communication. Nyimak: Journal of Communication. Vol. 06, No. 02. DOI: http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v6i2.6430(Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    9. Rohimah, A. & Zuhiryah, L.F.  (2023). Komunikasi Korporat Industri Halal dalam Membangun Citra Positif Secara Berkelanjutan Melalui Media Sosial. Journal of Islamic Communication Studies 1 (2), 24-39. https://doi.org/10.15642/jicos.2023.1.2.24-39 (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    10. Jones, P., Comfort, D., Eastwood, I., & Hillier, D. (2021). Creative industries: Economic contributions, management challenges, and support initiatives. Management Research News, 44(11), 1234-1250. https://doi.org/10.1108/MRN-06-2020-0242
    11. Lee, Y. J., & Lee, J. H. (2022). The role of digital media in creative advertising: New trends and practices. Journal of Interactive Advertising, 22(2), 65-81. https://doi.org/10.1080/15252019.2022.2025848
    12. Lain, C. A., & Patel, V. A. (2020). Exploring creativity in advertising: An investigation of effective ad strategies. Journal of Advertising Research, 60(3), 209-223. https://doi.org/10.2501/JAR-2020-0042

    1. Modul Pembelajaran
    2. Laptop
    3. Smart TV

    dosen-creative-advertising
    Dr. AFIFATUR ROHIMAH, M.I.Kom, S.AB.. M.I.Kom
    199404102020122026
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester