Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

February 3, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Salah satu bentuk implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka 
adalah Program Magang. Magang adalah kegiatan di sebuah Perusahaan, 
organisasi nirlaba, organisasi multilateral, institusi pemerintah, ataupun 
perusahaan rintisan (startup company). Di Fakultas Tabiyah dan Keguruan 
Program Magang  Internasional  dilaksanakan di institusi pemerintah yaitu 
lembaga  yang telah bermitra.  Program Magang  Internasional  merupakan 
bagian dari Program Magang yang memberikan kesempatan kepada 
mahasiswa Universitas Islam Negeri  Sunan Ampel Surabaya untuk belajar 
menerapkan ilmu keprodian pada lembaga, instansi, perusahaan, organisasi, 
atau nama lain yang berbadan hukum di luar negeri

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Ruang lingkup Magang meliputi segala kegiatan yang berkaitan dengan 
    tugas-tugas pembimbingan manajerial dan kegiatan akademik di perkantoran 
    lembaga sebagai berikut:
    1.  Kegiatan Manajemen dan Akademik
    a.  Menelaah dokumen kearsipan lembaga.
    b.  Menelaah pengembangan sarana dan prasarana di lembaga.
    c.  Menelaah inovasi program Pendidikan dan manajemen perubahan 
    yang dikembangkan lembaga.
    d.  Menelaah sistem manajemen mutu Pendidikan di lembaga.
    e.  Menelaah pengelolaan sistem informasi Pendidikan di lembaga.
    f.  Menelaah strategi manajemen humas di lembaga.
    g.  Menyusun perangkat manajemen mulai planning, organizing, actuating, 
    controling, dan evaluating.
    h.  Menelaah dokumen-dokumen administrasi perkantoran.
    i.  Melaksanakan tugas-tugas manajerial perkantoran.
    j.  Latihan praktik manajemen dengan bimbingan pamong.
    2.  Kegiatan Administrasi dan Non Akademik
    a.  melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik.
    b.  Membantu pelaksanaan tugas-tugas pekerjaan administasi
    c.  Terlibat dalam kegiatan pengembangan perkantoran

  • Pustaka
  • Buku
    1. Effendy, O. U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
    2. Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations (9th ed.). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
    3. Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. New York: Holt, Rinehart and Winston.
    4. Heath, R. L. (2001). Handbook of Public Relations. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

    Jurnal
    1. Effendy, O. U. (2015). Strategi Komunikasi Humas dalam Membangun Citra Organisasi. Jurnal Komunikasi, 6(1), 1-12.
    2. Setiadi, N. J. (2017). Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(2), 123-136.
    3. Wijayanto, S. (2019). Strategi Humas dalam Menghadapi Krisis Organisasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 1-15.
    Sumber Online
    1. World Health Organization. (2020). Risk Communication and Community Engagement. Diakses dari https://www.who.int/news-room/q-and-a/detail/risk-communication-and-community-engagement
    2. International Public Relations Association. (2020). IPRA Code of Conduct. Diakses dari https://www.ipra.org/code-of-conduct/
    3. American Marketing Association. (2020). AMA Code of Ethics. Diakses dari https://www.ama.org/codes-of-ethics/

    Tesis/Disertasi
    1. Sutanto, E. (2019). Strategi Manajemen Humas dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Studi Kasus pada PT. XYZ). Tesis. Universitas Indonesia.
    2. Widyastuti, R. (2020). Pengaruh Strategi Humas terhadap Citra Organisasi (Studi Kasus pada Kementerian Komunikasi dan Informatika). Disertasi. Universitas Gadjah Mada.

    Bahan Ajar
    1. Buku teks: "Strategi Manajemen Humas" oleh [Nama Pengarang]
    2. Modul pembelajaran: "Manajemen Humas di Lembaga" yang berisi materi, contoh kasus, dan tugas

    Media Pembelajaran Online
    1. Video kuliah: "Strategi Manajemen Humas" di platform YouTube atau Vimeo
    2. Podcast: "Manajemen Humas di Lembaga" di platform Spotify atau Apple Podcasts
    3. Blog: "Strategi Manajemen Humas" yang berisi artikel, contoh kasus, dan tugas
    4. Forum diskusi online: "Manajemen Humas di Lembaga" di platform Moodle atau Edmodo

    Media Pembelajaran Interaktif
    1. Simulasi kasus: "Manajemen Humas di Lembaga" yang memungkinkan mahasiswa untuk mempraktikkan strategi manajemen humas
    2. Permainan edukatif: "Strategi Manajemen Humas" yang memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari konsep manajemen humas dengan cara yang menyenangkan
    3. Quiz online: "Manajemen Humas di Lembaga" yang memungkinkan mahasiswa untuk menguji pengetahuan mereka tentang manajemen humas

    Media Pembelajaran Kolaboratif
    1. Proyek kelompok: "Manajemen Humas di Lembaga" yang memungkinkan mahasiswa untuk bekerja sama dalam mengembangkan strategi manajemen humas
    2. Diskusi kelompok: "Strategi Manajemen Humas" yang memungkinkan mahasiswa untuk berdiskusi tentang konsep manajemen humas
    3. Presentasi kelompok: "Manajemen Humas di Lembaga" yang memungkinkan mahasiswa untuk mempresentasikan hasil proyek mereka

    Sumber Daya Lainnya
    1. Studi kasus: "Manajemen Humas di Lembaga" yang memungkinkan mahasiswa untuk menganalisis kasus nyata tentang manajemen humas
    2. Wawancara dengan praktisi: "Strategi Manajemen Humas" yang memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari strategi manajemen humas dari praktisi yang berpengalaman.

    dosen-strategi-manajemen-humas-di-lembaga-pendidikan
    Dr. Mukhlishah AM, M.Pd.
    196805051994032001
    dosen-strategi-manajemen-humas-di-lembaga-pendidikan
    Ni`matus Sholihah, M.Ag
    197308022009012003
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester