Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 13, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Manajemen Perkantoran membekali mahasiswa dengan konsep dan keterampilan pengelolaan kantor dalam pendidikan Islam. Fokusnya mencakup perencanaan, pengorganisasian, administrasi, komunikasi, serta pemanfaatan teknologi perkantoran. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip manajerial, mengelola data, serta menyelesaikan masalah administrasi secara profesional dan efisien.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Konsep dasar manajemen kantor
    2. Konsep dasar tata usaha
    3. Perencanaan, fungsi dan jenis-jenis perencanaan
    4. Organisasi kantor 
    5. Tata hubungan personil kantor
    6. Tata hubungan kantor/komunikasi
    7. Prosedur perkantoran
    8. Tata ruang kantor
    9. Sistem pelaporan
    10. Sistem pengawasan
    11. Sistem informasi
    12. Manajemen kebijakan dan pelayanan publik
    13. Pemanfaatan teknologi
    14. Informasi dalam manajemen kantor

  • Pustaka
  • 1. Ida Nuraida, 2021. Manajemen Perkantoran. PT Kanisius: Yogyakarta.
    2. Moekijat, 2021. Administrasi Perkantoran.CV Mandar Maju: Bandung.
    3. Madcoms, 2023. Microsoft Excel 2021 untuk Administrasi Perkantoran Modern.Gramedia: Jakarta.
    4. Abdul Aziz Zulhakim, S.Sos., M.Si, 2023. Manajemen Perkantoran Modern.Penerbit Adab: Jakarta.
    5. Rahmawati, 2014. Manajemen Perkantoran. Graha Ilmu: Yogyakarta.
    6. Sattar, 2019. Manajemen Kearsipan. Deepublish: Yogyakarta.
    7. Redaksi Shira Media (Editor: Puput Alvia), 2017. Kearsipan: Dokuments. Shira Media: Yogyakarta.
    8. Faridah, 2023. Manajemen Kearsipan Untuk Siswa, Mahasiswa, Dunia Pendidikan dan Perkantoran. Deepublish: Jakarta.
    9. Sovia Rosalin & Karisma Sri Rahayu, 2022. Administrasi Perkantoran Berbasis Teknologi Informasi. UB Press: Malang.
    10. Redaksi Shira Media, 2017. Sekretaris dan Administrasi Perkantoran. Shira Media: Yogyakarta.
    11. Muhamad Muiz Raharjo & Icuk R B., 2023. Manajemen Pelayanan Publik. Bintangpusnas Edu: Jakarta.
    12. Muhammad Ridha Suaib, 2016. Pengantar Kebijakan Publik; Administrasi Negara, Kebijakan Publik, Administrasi Publik, Pelayanan Publik, Good Governance, Implementasi Kebijakan. Calpulis: Jakarta.
    13. Suratman S.IP., M.Si, 2023. Buku Ajar: Kebijakan Publik. Penerbit Adab: Jakarta.
    14. Dian Suluh Kusuma Dewi, M.AP., 2022. Buku Ajar Kebijakan Publik: Proses, Implementasi, dan Evaluasi. Samudra Biru: Jakarta.
    15. Anjas Saputra & Nidia Kurnia Gusvela, 2023. Pengantar Konsep & Teori Smart Government. CV. Adanu Abimata: Indramayu.
    16. Novita Tresiana & Noverman Duadji, 2019. Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Publik. Graha Ilmu: Sleman.
    17. Dyah Mutiarin, dkk., 2021. Inovasi Pelayanan Publik di Era New Normal. Samudra Biru: Yogyakarta.
    18. Prof. Drs. Budi Winarno, MA, PhD., 2014. Kebijakan Publik (Teori, Proses dan Studi Kasus). CAPS: Jakarta.
    19. Wildan Zulkarnain & Raden Bambang Sumarsono, 2018. Manajemen dan Etika Perkantoran: Praktik Pelayanan Prima. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
    20. Edy Suandi Hamid, 2020. Tata Kelola Pelayanan Publik di Indonesia. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
    21. Tulus Warsito, 2018. Sistem Informasi Manajemen dalam Administrasi Publik. Andi Offset: Yogyakarta.
    22. Rudy Akbar, 2019. PemanfaatanTeknologi dalam Administrasi Perkantoran Modern. Deepublish: Jakarta.
    23. Agus Setiawan, 2020. Sistem Pengawasan dan Evaluasi Kinerja Aparatur Negara. Rajawali Press: Jakarta.
    24. Erni Suprapti, 2017. Tata Ruang dan Efisiensi Perkantoran Modern. Graha Ilmu: Yogyakarta.
    25. Indra Kusuma, 2021. Komunikasi Bisnis dan Tata Hubungan Kantor. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
    26. Yusuf Hidayat, 2015. Sistem Pelaporan dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Bumi Aksara: Jakarta.
    27. Ratna Wulandari, 2022. Digitalisasi Administrasi Perkantoran: Implementasi dan Tantangan. Gramedia: Jakarta.
    28. Hendra Wahyudi, 2019. EfisiensiTata Kelola Dokumen Perkantoran Berbasis Teknologi Cloud Computing. Deepublish: Yogyakarta.
    29. Siti Rahayu & Lili Suryani,2023. Sistem Informasi Manajemen dan Transformasi Digital dalam Perkantoran. Andi Publisher: Yogyakarta.
    30.  Ahmad Fauzan, 2022. Strategi Efisiensi Administrasi Perkantoran di Era Digital. Deepublish: Jakarta.

    1. Whiteboard, Marker, LCD Proyektor, Laptop
    2. Flipchart
    3. Handout & Modul Cetak
    4. Kartu Simulasi
    5. Mock-up Dokumen Kantor
    6. Microsoft Office Suite (Word, Excel, PowerPoint)
    7. Google Workspace (Docs, Sheets, Forms)
    8. Sistem Informasi Manajemen Perkantoran (SIM Kantor)
    9. E-Learning Platform (Google Classroom)
    10. Aplikasi Kearsipan Digital (Evernote, Mendeley, atau OneNote)
    11. Canva
    12. Video Tutorial & Animasi (YouTube, Powtoon)

    dosen-manajemen-perkantoranpraktikum
    Dr. Arif Mansyuri, M.Pd
    197903302014111001
    dosen-manajemen-perkantoranpraktikum
    Anis Sukmawati, M.Pd.
    199212162022032002
    dosen-manajemen-perkantoranpraktikum
    Moh. Sholeh, S.Pd.I, M.Pd
    D11155
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester