Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 16, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan Islam bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip kepemimpinan yang berlandaskan nilai-nilai Islam, serta penerapannya dalam konteks pendidikan. Tujuan Umum: Memahami konsep dasar kepemimpinan dalam perspektif Islam, Menganalisis teori-teori kepemimpinan dan relevansinya dengan pendidikan Islam, Mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang efektif dan beretika dalam konteks Pendidikan, Mampu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan Islam dalam berbagai peran di lembaga pendidikan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pengertian Kepemimpinan, Pemimpin dan Pimpinan, Strategi dan pengendalian dalam kepemimpinan
    2. Teori Sifat (Thrait Theory); Teori Perilaku; (Behavior Theory); Teori Situasional Kontingensi (Situational Kontigensi Theory)
    3. Fungsi Kepemimpinan: Fungsi Intruksi,  Fungsi konsultasi,  Fungsi Partisipasi, Fungsi Delegasi, Fungsi Pengendalian. Gaya Kepemimpinan: Otorikratis, Paternalistik, Karismatik, Demokratis,  Laissez Faire, dan transeksional
    4. Kepemimpinan Nabi: Pendekatan Normatif, Pendekatan Historis, dan Pendekatan Teoritik
    5. Konflik dan Pengelolaan Konflik: pandangan terhadap konflik, jenis-jenis konflik, factor-faktor penyebab timbulnya konflik, dan mengelola konflik dalam organisasi
    6. Komunikasi Organisasi Pendidikan; Konsep dasar komunikasi, Proses Komunikasi Pendidikan, Fungsi Komunikasi Pendidikan, Arah Komunikasi Pendidikan, Model komunikasi Pendidikan, Gaya komunikasi Pendidikan, Jaringan Komunikasi Pendidikan.
    7. Peran dan Fungsi Pimpinan Lembaga Pendidikan: Fungsi Pimpinan Lembaga Pendidikan, Peranan Pemimpin lembaga pendidikan
    8. Profesionalisme Kepemimpinan Pendidikan: Makna dan hakekat Profesionalisme kepemimpinan Pendidikan, Kemampuan profesionalisme pimpinan pendidikan.
    9. 
    Efektifitas Kinerja Kepemimpinan Pendidikan: Hakekat dan orientasi kelembagaan, Urgensi pemetaan dinamisasi kepemimpinan
    10. 
    Otoritas Kepemimpinan dalam Pendidikan: Hakekat tolok ukur baru kepemimpinan Pendidikan, Hakekat Teori Otoritas Max Weber (Tradisional, Karismatik, dan rasional), Hakekat Otoritas Kepemimpinan Perspektif Max Weber (Tradisional, Karismatik, dan rasional).
    11. 
    Role Models Kepemimpinan Sekolah: Pengertian dan hakekat Kepemimpinan, Role Models Kepemimpinan Kepala Sekolah.
    12. 
    Role Models kepemimpinan Kepala Madrasah: Pengertian dan hakekat Kepemimpinan, Role Models Kepemimpinan Kepala Madrasah
    13. 
    Role Models kepemimpinan Pondok Pesantren: Pengertian dan hakekat Kepemimpinan, Role Models Kepemimpinan Kepala Madrasah

  • Pustaka
  • 1. Gary Yukl, Kepemimpinan Dalam Organisasi edisi bahasa Indonesia, Jakarta: Prenhallindo, 1998
    2. Imam Mudjiono, Kepemimpinan & Keorganisasian, Yogyakarta: UII Pres, 2002
    3. E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT. Rosydakarya.2003
    4. Sondang P. Siagian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
    5. E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, Bandung: Rosydakaya. 2007
    6. Miftah Thoha, Kepemimpinan Dalam Manejemen, Jakarta: Raja Grafindo persada. 2007
    7. Syaiful Sagala, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
    8. Jamal Ma’mur Asmani, Manajemen Pengelolaan Kepemimpinan Pendidikan Profesional, Yogyakarta: Diva Ores, 2009.
    9. Raihan, Kepemimpinan Sekolah Transformatif, Yogyakarta: LKIS, 2010.
    10. Sudarwan Danim, Kepemimpinan Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
    11. Syamsul Arifin, Leadership Ilmu Dan Seni Kepemimpinan, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2012
    12. Veithzal Rivai, Deddy Mulyadi, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2012
    13. Muh. Khoirul Rifa’i, Pengelolaan Majlis Taklim Dan Pengajian Umum. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains 4 (1), 31-52, 2019
    14. .........., Madrasah Teacher's Swot In Growing The Spirit Of Learning Fiqih In Milenial Generation In TuLungagung. Fenomena 18 (2), 2020
    15. ..............., Kyai's Leadership Behavior in Caring for Islamic Boarding Schools. Halaqa: Islamic Education Journal 4 (1), 33-44, 2020
    16. Asrop Safi’i, Muh. Khoirul Rifa’i, dkk. The effect of the adversity quotient on student performance, student learning autonomy and student achievement in the COVID-19 pandemic era: evidence from Indonesia. Heliyon 7 (12), e08510, 2021
    17.  Achmad Patoni, Muh. Khoirul Rifa’i, The Role of Religious Leaders in Conducting Islamic Religious Education in The Community, Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6 (2), 449-464, 2022
    18. Asrop Safi’i, Muh. Khoirul Rifa’i, dkk. Peaceful Culture Management and Diversity Santri, Journal of Positive School Psychology, 2453-2468, 2022
     

    Laptop, LCD dan PPT

    dosen-kepemimpinan-pendidikan
    Dr. Hj. Mardiyah,, M.Ag
    196707252003122001
    dosen-kepemimpinan-pendidikan
    Dr. Mukhlishah AM, M.Pd.
    196805051994032001
    dosen-kepemimpinan-pendidikan
    Dr. Lilik Huriyah, M.Pd.I
    198002102011012005
    dosen-kepemimpinan-pendidikan
    Dr. H. Muh. Khoirul Rifa`i, M.Pd.I
    198207122015031001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :4
    • Durasi :1 Semester