Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

November 13, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep, prinsip, dan praktik dalam merancang (desain) serta memasarkan produk dan layanan pendidikan pada Lembaga Pendidikan Islam (LPI) secara kreatif, inovatif, dan berlandaskan nilai-nilai Islam. Mahasiswa diarahkan untuk mampu mengidentifikasi kebutuhan masyarakat, menciptakan produk pendidikan yang unggul, serta menyusun strategi pemasaran yang efektif tanpa terjebak pada komersialisasi berlebihan.

Melalui pembelajaran ini, mahasiswa akan mempelajari proses pengembangan produk baru, analisis pasar pendidikan, branding Islami, strategi promosi berbasis dakwah, dan penerapan etika pemasaran sesuai prinsip syariah. Mata kuliah ini juga menekankan integrasi antara profesionalisme manajerial dengan ruh dakwah Islam dalam upaya meningkatkan daya saing LPI di era modern.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep dasar desain produk dan pemasaran LPI
    2.  Produk unggul atau good desain product
    3. Konsep pengembangan produk baru di LPI
    4. Kreativitas dan Inovasi dalam bisnis di LPI
    5. 
    Pengembangan Produk unggul/inovatif di LPI
    6. 
    Desain bisnis dalam produk inovatif
    7. Strategi pemasaran di LPI
    8. Marketing Mix
    9. 
    Promosi produk dan jasa di LPI
    10. Personal selling dan advertising
    11. Prilaku dan analisis kepuasan konsumen di LPI

     


  • Pustaka
    1. Alva Edy Tontowi. 2016. Desain Produk Inovatif dan Inkubasi Bisnis Kompetitif. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
    2. Alma, Buchari, Pemasaran Stratejik Jasa Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2003.
      Amir, M. Taufiq, Dinamika Pemasaran; Jelajahi dan rasakan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2005.
      Anam, Samsul dkk, Manajemen Pemasaran, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2013.
      Andullah, Thamrin & Tantri, Francis, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.
      Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep & Strategi, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011.
      Dharmmesta, Basu Swastha dan Handoko, T. Hani, Manajemen Pemasaran; Analisis Perilaku Konsumen, Yogyakarta: BPFE, 2008.
    3. Akib, Haedar. 2007. Kewirausahaan Sekolah Berbasis Kreativitas dan Inovasi, Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
    4. Arismunandar. 2006. Pengembangan Kewirausahaan Sekolah, Direktorat Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
    5. Depdiknas. 2002. Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup (Life Skill Education), Dikdasmen, Jakarta.
    6. Henry, Jane (ed.). 1991. Creative Mangement, Sage Publications London.
    7. Hisrich, Robert D and Michael P. Peters. 1995. Entrepreneurship, Irwin Chicago.
    8. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Modul Pembelajaran Kewirausahaan
    9. West, Michael A. 2000. Developing Creativity in Organizations (Mengembangkan Kreativitas Dalam Organisasi), terjemahan, Kanisius Yogyakarta

    1. Buku Ajar & Modul
    2. Jurnal Ilmiah
    3. Video Pembelajaran
    4. LCD
    5. Laktop
    6. dll

    dosen-desain-produk-dan-pemasaran-lembaga-pendidikan-islam
    Dr. Arif Mansyuri, M.Pd
    197903302014111001
    dosen-desain-produk-dan-pemasaran-lembaga-pendidikan-islam
    Nurul Hidayati, M.Pd
    D11048
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester