Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 28, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Komunikasi Politik membahas hubungan antara komunikasi dan proses politik dalam konteks lokal, nasional, dan global. Fokus pembelajaran meliputi konsep dasar komunikasi politik, aktor dan media politik, peran media massa dan media sosial dalam pembentukan opini publik, strategi komunikasi dalam kampanye politik, serta dinamika komunikasi politik di era digital. Mahasiswa akan dibekali pemahaman teoritis dan keterampilan analitis untuk mengkaji praktik komunikasi politik secara kritis, termasuk bagaimana pesan-pesan politik dikonstruksi, disampaikan, dan diterima oleh khalayak.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • Pengantar Komunikasi Politik: Definisi, Ruang Lingkup, dan Urgensi

    Teori-teori Komunikasi Politik (Klasik dan Kontemporer)

    Aktor Komunikasi Politik: Partai Politik, Politisi, Media, dan Rakyat

    Media Massa dan Peranannya dalam Komunikasi Politik

    Media Sosial dan Politik: Disrupsi Komunikasi Politik di Era Digital

    Propaganda, Disinformasi, dan Hoaks dalam Komunikasi Politik

    Komunikasi Politik Pemerintah: Transparansi, Akuntabilitas, dan Legitimasi

    Strategi Komunikasi Kampanye Politik (Offline dan Online)

    Opini Publik dan Survei Politik: Membangun dan Mempengaruhi Persepsi

    Komunikasi Politik dalam Sistem Demokrasi dan Otoritarianisme

    Politik Identitas dan Komunikasi Politik

    Isu-Isu Gender dan Representasi dalam Komunikasi Politik

    Komunikasi Krisis dan Penanganannya oleh Aktor Politik

    Studi Kasus Komunikasi Politik di Indonesia dan Evaluasi Mata Kuliah

  • Pustaka
    1. McNair, B. (2021). An Introduction to Political Communication (6th ed.). Routledge.
    2. Stromer-Galley, J. (2020). Presidential Campaigning in the Internet Age. Oxford University Press.
    3. Kenski, K., & Jamieson, K. H. (2019). The Oxford Handbook of Political Communication. Oxford University Press.
    4. Chadwick, A. (2020). The Hybrid Media System: Politics and Power (2nd ed.). Oxford University Press.
    5. Towner, T. L., & Dulio, D. A. (2021). Social Media and Political Campaigning in the United States. Routledge.
    6. Vaccari, C. (2019). Digital Politics in Western Democracies. Palgrave Macmillan.
    7. Gainous, J., & Wagner, K. M. (2020). Tweeting to Power: The Social Media Revolution in American Politics. Oxford University Press.
    8. Jungherr, A., Rivero, G., & Gayo-Avello, D. (2020). Retooling Politics: How Digital Media are Shaping Democracy. Cambridge University Press.
    9. Waisbord, S. (2020). The Communication Manifesto. Polity Press.
    10. Lim, M. (2022). Digital Disruption and the Transformation of Indonesian Politics. ISEAS.
    11. Aspinall, E. & Mietzner, M. (2021). Southeast Asia's Troubling Elections: A Democratic Retreat? Journal of Democracy.
    12. Rahmawati, Y. (2021). "Komunikasi Politik di Era Digital: Kajian Partisipasi dan Literasi Politik Masyarakat." Jurnal Komunikasi Politik Indonesia, 3(1).
    13. Siregar, F. E. (2022). "Twitter Sebagai Alat Komunikasi Politik di Indonesia." Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, 26(2).
    14. Sartori, G. (2020). Parties and Party Systems: A Framework for Analysis. Edisi Revisi.
    15. Tapsell, R. (2020). Media Power in Indonesia: Oligarchs, Citizens and the Digital Revolution. Rowman & Littlefield.
    16. Mietzner, M. (2021). Authoritarian Innovations in Indonesia: Electoral Manipulation, Digital Disinformation, and the Politics of Pandemic. Journal of Current Southeast Asian Affairs.
    17. Nugroho, Y. (2023). Komunikasi Politik di Indonesia: Antara Oligarki dan Ruang Publik. LP3ES.
    18. Kresna, D. (2020). "Hoaks Politik dan Kecemasan Demokrasi Digital." Jurnal Masyarakat Digital Indonesia, 1(1).
    19. Nasrullah, R. (2022). Komunikasi Politik Digital: Teori, Konsep, dan Realitas. Kencana.
    20. Fitriyani, D. (2023). "Politik Identitas dan Komunikasi Politik di Media Sosial." Jurnal Politik dan Media Digital, 2(2).

    White Board
    Spidol
    Smart Tv
    Laptop
    Wifi Connection
    Website
    Podcat

    dosen-komunikasi-politik
    Dr. H. Andi Suwarko, S.Ag., M.Si.
    197411102003121004
    dosen-komunikasi-politik
    Dr. H. Moh. Syaeful Bahar, S.Ag, M.Si.
    197803152003121004
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester