Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman teoritis dan keterampilan praktis dalam menyusun perencanaan pembelajaran hadis yang sistematis, efektif, dan kontekstual. Mahasiswa akan mempelajari prinsip dasar perencanaan pembelajaran, pengembangan tujuan dan indikator, pemilihan materi, metode, media, serta penilaian yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan kurikulum yang berlaku. Melalui kegiatan perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang inovatif dan aplikatif untuk diterapkan dalam berbagai konteks pembelajaran.
Pengantar Perencanaan Pembelajaran
Teori Belajar dan Implikasinya dalam Perencanaan
Komponen Perencanaan Pembelajaran
Kurikulum dan Peran Guru
Tujuan dan Indikator Pembelajaran
Pengembangan Materi Pembelajaran
Strategi dan Metode Pembelajaran
Media dan Sumber Belajar
Penilaian Pembelajaran
Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Presentasi dan Review RPP
Refleksi dan Evaluasi Perencanaan Pembelajaran
Majid, A. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2022). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Slavin, R. E. (2020). Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2019). Models of Teaching. Pearson Education.
Brookfield, S. D. (2017). Becoming a Critically Reflective Teacher. Jossey-Bass.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan
Kemdikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka
Presentasi PowerPoint (PPT)
Handout dan modul digital
Video pembelajaran (YouTube, Kemendikbud)
LMS (Learning Management System) seperti Google Classroom atau Moodle
Lembar kerja (worksheet) penyusunan RPP
Aplikasi penyusun media pembelajaran interaktif (misal: Canva, Mentimeter, Padlet)