Pengembangan Media Pembelajaran dalam konteks Hadist adalah upaya untuk menciptakan dan memanfaatkan berbagai media yang dapat mendukung proses pembelajaran Hadist, baik dalam pendidikan agama Islam di sekolah maupun di lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Media pembelajaran bertujuan untuk membantu menyampaikan materi Hadist dengan cara yang lebih efektif dan menarik, sehingga mempermudah pemahaman para peserta didik mengenai ilmu Hadist.
1. Pembuatan dan desain alat bantu pembelajaran berupa buku teks, artikel
2. Pembuatan dan desain alat bantu pembelajaran berupa video, aplikasi digital, audio, dan lainnya
3. Evaluasi dan Pengukuran Keberhasilan Penggunaan Media Pembelajaran Hadist
4. Penerapan Media Pembelajaran Hadist dalam Konteks Pendidikan Islam Modern
1) Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instruction.
2) Mahmud Thahhan, Taisir fi Mushtholah al-hadith
3) Rieber, L. P. (1996). Designing Effective Computer-Based Instruction.
4) Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning.
5) Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
6) Widodo, P. (2009). Media Pembelajaran.
7) Bates, A. W. (2005). Technology, E-learning and Distance Education.
8) Jonassen, D. H., & Land, S. M. (2000). Theoretical Foundations of Learning Environments.
9) Anderson, C. (2015). Podcasting for Educators.
10) Garrison, D. R., & Anderson, T. (2003). E-Learning in the 21st Century.
11) Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning.
12) Popham, W. J. (2008). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know.
13) Craig, A. B. (2013). Understanding Augmented Reality: Concepts and Applications.
14) Al-Qardhawi, Y. (2000). Fiqh al-‘Ibadat.