Mata kuliah ini membahas konsep, teori, dan praktik dalam manajemen pendidikan dan sekolah. Fokus utama mata kuliah ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan dalam sistem pendidikan formal maupun non-formal. Mahasiswa akan dibekali dengan keterampilan analisis kebijakan pendidikan, strategi peningkatan kualitas pendidikan, serta manajemen sumber daya di sekolah.
Pengantar Manajemen Pendidikan – Definisi, ruang lingkup, dan urgensi manajemen pendidikan.
Teori dan Model Manajemen Pendidikan – Prinsip dasar dan teori utama dalam manajemen pendidikan.
Kebijakan dan Regulasi Pendidikan di Indonesia – Landasan hukum dan kebijakan pendidikan nasional.
Perencanaan Strategis dalam Pendidikan – Metode dan teknik perencanaan dalam institusi pendidikan.
Struktur Organisasi dan Pengelolaan Lembaga Pendidikan – Hierarki dan sistem pengelolaan dalam sekolah dan institusi pendidikan.
Kepemimpinan dalam Pendidikan – Gaya kepemimpinan dan aplikasinya dalam lingkungan sekolah.
Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan – Rekrutmen, pengembangan, dan evaluasi tenaga pendidik.
Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran – Strategi penyusunan dan implementasi kurikulum.
Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan – Pemeliharaan dan pengelolaan fasilitas sekolah.
Manajemen Keuangan dalam Pendidikan – Penyusunan dan pengelolaan anggaran sekolah.
Evaluasi dan Supervisi Pendidikan – Metode pengukuran kualitas pendidikan dan supervisi akademik.
Manajemen Mutu Pendidikan – Konsep peningkatan mutu dan akreditasi pendidikan.
Manajemen Sekolah Berbasis Masyarakat – Peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
Riset dan Evaluasi Manajemen Pendidikan – Teknik dan metode penelitian dalam bidang manajemen pendidikan.
Studi Kasus Manajemen Pendidikan – Analisis kasus nyata dan solusi manajerial dalam pendidikan.
Ujian Akhir Semester – Evaluasi capaian pembelajaran mahasiswa.
Mulyasa, E. (2017). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.
Sagala, S. (2009). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.
Tilaar, H. A. R. (2012). Kebijakan Pendidikan: Perkembangan dan Perspektif Masa Depan. PT Rineka Cipta.
Nawawi, H. (2011). Manajemen Pendidikan: Strategi Mengembangkan Sekolah Efektif. Gadjah Mada University Press.
Sallis, E. (2002). Total Quality Management in Education. Kogan Page.
Metode Pengajaran: Kuliah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, simulasi, presentasi mahasiswa.
Media Pembelajaran: PPT, video, jurnal ilmiah, studi kasus, media online, e-learning.
Evaluasi: Partisipasi kelas (20%), tugas individu/kelompok (30%), ujian tengah semester (20%), ujian akhir semester (30%).