Mata kuliah Hadis-Hadis Tarbawi, Sains, dan Teknologi merupakan kajian tematik terhadap hadis-hadis Nabi Muhammad saw. yang mengandung nilai-nilai pendidikan (tarbawi) sekaligus memiliki korelasi dengan prinsip-prinsip dasar sains dan teknologi. Mata kuliah ini membahas secara interdisipliner bagaimana sabda Nabi mencerminkan tuntunan dalam aspek pendidikan karakter, kesehatan, kebersihan, gaya hidup, hingga praktik preventif dan kuratif yang kini dibuktikan oleh ilmu pengetahuan modern. Materi pembelajaran meliputi hadis-hadis tentang penanaman akhlak terhadap anak, pengajaran ibadah sejak dini, penguatan fisik dan keterampilan (seperti berkuda, berenang, dan memanah), serta kebiasaan hidup sehat seperti mengonsumsi kurma dan madu, mematikan lampu saat tidur, menjaga kebersihan, dan menjauhi zat adiktif seperti khamar. Selain itu, kajian juga mencakup persoalan kontemporer seperti larangan perilaku menyimpang (homoseksualitas), adab dalam makan-minum, dan kebersihan tubuh (khitan, bekam, dan larangan bertato), dengan pendekatan integratif antara dalil naqli dan temuan ilmiah.
1. Penyamapaian RPS, kontrak belajar, dan Pembagian
tugas kelompok
2. Hadis tentang Penanaman
Akhlak terhadap Anak
3. Hadis tentang Perintah
Mengajarkan Anak Sholat
4. Hadis tentang
anjuran mengajarkan anak berkuda, berenang dan memanah
5. Hadis Keutaman
Mengkonsumsi Buah Kurma
6. Hadis Keutamaan
mengkonsumsi madu
7. Hadis Anjuran
mematikan lampu saat tidur
8. UTS
9. Hadis tentang larangan Prilaku homoseksual
10. Hadis Perbedaan tata
cara mensucikan air kencing bayi laki-laki dan perempuan
11. Hadis tentang larangan meniup dan bernafas di dalam gelas
12. Hadis larangan
meminum khamar
13. Hadis tentang
keutamaan Khitan
14. Hadis keutamaan berbekam
15. Hadis
larangan bertato
1. al-‘Asqalani, Syihab al-Din Abi al-Fadl Ahmad bin ‘Ali bin Hijr. Tahdhib al-Tahdhib. Beirut: Dar al-Kuthb, 1994.
2. al-Mizzi, Jamal al-Din Abi al-Hajjaj Yusuf. Tahdhib al-Kamal fi Asma‘ al-Rijal. Beirut: Dar al-Fikr, 1994
3. Abdul Gaffar al-Farisy al-Naisabury, Tarikh Naisabuiry. (Al-Hind: Al-Anshoriyyah Bidahly, 2022.
4. Ah}mad ibn ‘Ali ibn H{ajar al-‘Asqala>ny, Fath} al-Ba>ri,. Riyadh: Mat}ba’ah al-H{uku>mah, 2001.
5. Muh}yiddi>n Abi Zakariyya Yah}ya ibn Sharaf al-Nawawy. S{ah}i>h} Muslim bi Sharh al-Nawawy, Mesir : al-Mat}ba’ah al-Mis{riyyah, 1929.
6. Nizar Ali,. Hadis Versus Sains: Memahami Hadis-hadis Musykil. Yogyakarta: TERAS, 2008.
7. Ibn Qutaibah, Ta’wi>l Mukhtalaf al-H{adi>th. Beirut: Da>r al-Fikr, 1995.
8. Abu> ‘Abd Allah Muh{ammad ibn Yazi>d ibn Ma>jah al-Qazwayni>, Sunan ibn Ma>jah. Riyadh: Bayt al-Afka>r al-Dawliyyah,t.th..
9. Abu> Da>wud Sulayma>n ibn al-Ash‘ath al-Sijista>ni>, Sunan Abu> Da>wud. Riyadh: Bayt al-Afka>r al-Dawliyyah, t.th.
10. al-Naysaburi, Abi al-Husain Muslim bin al-Hajjaj ibn Muslim al-Qushairi. al-Jami‘ al-Shahih. Beirut: Dar al-Fikr,t.t.
11. Abu ‘isa Muhammad ibn ‘Isa ibn Sawrah al-Tirmidhi . Jami‘ al-Tirmidhi. Riyadh: Bayt al-Afkar al-Dawliyyah, t.th.
12. Abu ‘Abd Allah Muhammad ibn Isma‘il al-Bukhari,. Shahih>al-Bukhari. Riyadh: Bayt al-Afkar al-Dawliyyah, 1998.
Media Pembelajaran: White board; Proyektor; Smart TV; PPT; Vidio