Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

December 7, 2024

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa untuk menguasai wawasan dan ruang lingkup berbagai konsep bisnis di era global. Konsep bisnis ini diperlukan sebagai dasar untuk mempelajari pengetahuan bisnis yang lebih detail dalam studi lanjutan. Mahasiswa juga dibekali untuk memahami skala dan kelompok perusahaan, perencanaan bisnis,lingkungan yang mempengaruhi bisnis, etika bisnis, dan meninjau fungsi bisnis perusahaan. Pembelajaran dilakukan dengan Project Based Learning, Case Study dan Problem Based Learning. Perkuliahan dimulai dengan pemaparan konsep dan prinsip, tugas dan diskusi dengan mahasiswa, presentasi, dan praktik kearsipan. Output pembelajarannya adalah mahasiswa dapat mengambil keputusan berdasarkan analisis informasi dan data serta memberikan alternatif solusi terkait permasalahan dan tantangan dalam kegiatan bisnis.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengertian dan ruang lingkup bisnis
    2. Bisnis dan lingkungannya
    3. Bentuk organisasi bisnis
    4. Pengelolaan dan pengorganisasian bisnis
    5. Bisnis dan kewirausahaan
    6. Konsep manajemen sumber daya manusia Perusahaan
    7. Manajemen pemasaran Perusahaan
    8. Manajemen produksi Perusahaan
    9. Manajemen keuangan Perusahaan
    10. Kebijakan produk dan harga
    11. Kebijakan promosi dan distribusi
    12. Bisnis internasional
    13. Sistem informasi manajemen
    14. Tanggung jawab sosial bisnis

  • Pustaka
  • 1.Ricky Griffin dan Ronald J. Ebert, Pengantar Bisnis, Edisi Kedelapan (Jakarta: Erlangga, 2007)
    2.Sadono Sukirno, Pengantar Bisnis (Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2017)
    3.Buchari Alma, Pengantar Bisnis (Bandung: Alfabeta, 2010)
    4.Eko Purwanto. Pengantar Bisnis Era Revolusi Industri 4.0 (Banyumas: Sasanti Institute, 2020)
    5.Rasmulia Sembiring, Pengantar Bisnis (Yogyakarta: La Goods, 2014)
    6.Dikdik Harjadi dan Dewi Fatmasari, Pengantar Bisnis: Teori dan Praktik (Jakarta: UNIKU Press, 2015).
    7.Amalia Mustika, et. al., Pengantar Bisnis (Bandung: Widina, 2020).
    8.Lyandra Aisyah Margie, et. al., Pengantar Bisnis (Tangerang: Unpam Press, 2020)

    1. Buku
    2. Jurnal
    3. PPT
    4. Vidio
    5. Diskusi Kelompok

    dosen-pengantar-bisnis
    Dr. H. Thayib, S.Ag, M.Si
    197011161999031001
    dosen-pengantar-bisnis
    Fatikul Himami, M.E.I.
    198009232009121002
    dosen-pengantar-bisnis
    Siti Kalimah, M.Sy
    198707272022032001
    dosen-pengantar-bisnis
    Ismatul Khayati, M.E.
    199010132022032001
    dosen-pengantar-bisnis
    Saqofa Nabilah Aini, S.E., M.Sc.
    199301092020122028
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :5
    • Durasi :1 Semester