Mata kuliah ini membahas teori, prinsip, dan praktik dalam pengembangan bahan ajar bahasa dan sastra Arab yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar, analisis kebutuhan, pemilihan materi, serta teknik penyusunan bahan ajar berbasis keterampilan bahasa (mendengar, berbicara, membaca, dan menulis) serta sastra Arab (puisi, prosa, dan drama). Selain itu, mata kuliah ini juga mencakup integrasi teknologi dalam pengembangan bahan ajar serta pendekatan berbasis budaya dan jenjang pendidikan. Mahasiswa diharapkan mampu merancang dan mengevaluasi bahan ajar yang efektif, inovatif, dan sesuai dengan konteks pembelajaran.
1. Tomlinson, B. (2012). Materials Development in Language Teaching (2nd ed.). Cambridge University Press.
2. Richards, J. C. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University Press.
3. Nation, I. S. P., & Macalister, J. (2010). Language Curriculum Design. Routledge.
4. Tarigan, H. G. (1986). Pengajaran Bahasa Komunikatif. Angkasa.
5. Al-Qudsy, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Kompetensi. Prenada Media.
6. Brown, H. D. (2007). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (3rd ed.). Pearson Education.
7. Harmer, J. (2007). The Practice of English Language Teaching (4th ed.). Longman.
8. Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. PT RajaGrafindo Persada.
9. Krashen, S. D. (1982). Principles and Practice in Second Language Acquisition. Pergamon Press.
Ghazali, I. (2018). Metode Pengajaran Bahasa Arab dan Aplikasinya di Berbagai Jenjang Pendidikan. UIN-Maliki Press.