Mata kuliah ini sebagai landasan pemahaman dan kemampuan pengelolaan materi psikolinguistik dengan baik. Mahasiswa dapat menerapkannya dalam ilmu kebahasaan dan kesusasteraan dengan lancar.
Adapun isi pokok matakuliah ini meliputi teori tindak bahasa, tindak bahasa dari sudut pembicara, tindak bahasa dari sudut pendengar, relevansi tindak bahasa dengan pembelajaran bahasa, pemerian bahasa dan fonologi, pemerian bahasa dan morfologi, perkembangan psikolinguistik, pemerolehan bahasa pertama, perkembangan kognitif anak, pemerolehan bahasa pertama, perkembangan sosial anak, pemerolehan bahasa kedua, hipotesis kesamaan perolehan, pemerolehan bahasa kedua, hipotesis kontrastif, behaviorime dan kognitivisme dalam perolehan bahasa, kedwibasaan, alih kode dan campur kode.
1. Dardjowijojo, Soenjono, 2008. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
2. Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta
3. Tarigan, Henry Guntur, 1984. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa
4. Sri Utari. Psikolinguistik: Suatu Pengantar
5. Mar’at, Samsunuwiyati. 2005. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: PT Refika Aditama
6. Caroll, David W. 1986. Psychology of Language. California: Wadsworth inc.
Modul, website, gambar, video, power point