Perkuliahan ini bertujuan untuk memberikan kemampuan kepada mahasiswa dalam memahami, menjelaskan, dan merancang alat evaluasi pembelajaran Bahasa dan Sastra Arab, memahami macam-macam evaluasi pembelajaran, tujuan dan prinsip evaluasi pembelajaran, serta aturan dalam menyusun teknik tes maupun non-tes.
Prinsip-prinsip Dasar Evaluasi Hasil Belajar, Teknik Evaluasi Hasil Belajar dan Teknik Penyusunan dan Pelaksanaan Tes Hasil Belajar.
1. Al Khulli, Muhammad Ali, Al Ikhtibarat al Lughawiyyah, Urdu: Dar al Falah, 2000.
2. ____________________, Strategi Pembelajaran Bahasa, terj., Yogyakarta: BaSan Publishing, 2010.
3. Al Fauzan, Abdurrahman Ibrahim, Idla’at Li Mu’allimil Lughah al ‘Arabiyyah Ligairin Nathiqina Biha. Riyadh: Maktabah al Malik Fahd, 2011.
4. Andersen, Lorin. W., Assessing affective characteristic in the schools. Boston: Allyn and Bacon, 1981.
5. Arends, Richard I., Learning To Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
6. Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
7. Bari, Mahir Sya’ban Abdul, Ta’limul Mufradat al Lughawiyyah (Oman: Dar al Masiirah, 2011
8. Benjamin S (Ed), Bloom, Taxonomy of Educational Objectives, The Classsification of Educational Objectives, Handbook 1: Cognitive Domain, New York: David McKay Company, 1956.
9. Brown, F., Principles of Educational and Psychological Testing, Third edition, NY: Holt Rinehart, Winston. Chapter. Calongesi, 1983.
10. Crites, John O., Vocational Psychology. New York: McGraw Hill Book Company, 1969.
11. Cronbach, Lee J., Essentials of Psychological Testing, New York: Harper and Row Publishers, 1960.
12. Crow, Lester D. and Crow, Allice, Educattional Psychology. New York: American Book Company, 1984.
13. Daniel L. Stufflebeam & Anthony J. Shinkfield, Evaluation, Theory, Models, and Application, (San Fransisco: Jossey-Bass, 2007. Daniel L. Stufflebeam, “The CIPP Model For Evaluation, dalam Daniel L. Stufflebeam, dkk. (eds), Evaluation in Education and Human Service, Boston: Kluwer Academic Publisher, 2002.
14. Daryanto. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2001.
15. Departemen Pendidikan Nasional, Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2008.
16. Handriawan, Dony, Mempertegas Kembali Arah Pembelajaran Bahasa Arab (Perspektif Budaya terhadap Tradisi Belajar Bahasa Arab di Indonesia), Vol. 01, No. 01 (Yogyakarta: Jurnal Al Mahara, Edisi Desember 2015).
17. Khaliq, Muhammad Abdul, Ikhtibaratul Lughah, Riyadh: Mathabi’ Jami’ah Malik Sa’ud, 1996.
18. Lioyd, Dwight, Peter Davidson dkk, Asasiyyat at Taqyim fi at Ta’lim al Lughawy, terj. Khalid bin Abdul Aziz (Riyadl: Jami’ah Malik Saud, 2007).
19. Mardapi, DJ., Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Dalam Rekayasa sistem Penilaian dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Yokyakarta: HEPI, 2005.
20. Masroen, 1979. Reliabilitas dan Cara-cara Menentukannya dalam Pengukuran Pendidikan, Yokyakarta: Universitas Gadjah Mada, 1979.
21. Mueller, Daniel J. 1986. Measuring Social Attitudes: A Handbook for Researchers and Practitioners. New York. Teacher College, Columbia University, 1986.
22. Mu’in, Abdul, Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Telaah terhadap Fonetik dan Morfologi), Jakarta: Pustaka al Husna Baru, 2004.
23. Purwanto, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
24. ________, Evaluasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Belajar, 2014.
25. Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
26. James S. Merancang Tes untuk Menilai Prestasi Siswa. Bandung : ITB, 1995, h 21.
27. Robert L. and Gronlund, Norman E., Measurement and Assessment in Teaching. (Seventh Edition). Ohio: Prentice-Hall, Inc., 1995.
28. Robinson, John. P., & Shaver, Philip. R. Measures of social psychological attitudes. Michigan: The Institute of Social Research, 1980.
29. Tayibnapis, Farida Yusuf, 2000. Evaluasi Program, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
30. Tha’imah, Rusydi Ahmad, dkk, Al Marja’ fi Manahij Ta’lim al Lughah al ‘Arabiyyah Li an Natiqin Bilughatin Ukhra (Kairo: Dar al Fikry al ‘Araby, 2010).
31. Wahab, Muhbib Abdul, Epistimologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah, 2008.
32. Wahyuni, Sri, dan Abdul Syukur Ibrahim, Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Refika Aditama, 2012.
33. Wellek, Rene & Austin Warren, Theory of Literature, New York: Harcourt Brace Javanovich, 1977, (Terjemahan dalam Bahasa Indonesia oleh Melani Budianta, Teori Kesusastraan, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 1995.
34. Widoyoko, Eko Putro, Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yokyakarta: Pustaka Peljar, 2014.
Lcd
whiteboard