Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 7, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dan teori pendekatan inklusi dalam bimbingan dan konseling Islam, dengan fokus pada individu berkebutuhan khusus dan kelompok marginal. Mahasiswa akan mempelajari karakteristik berbagai kategori individu inklusi, asesmen dalam setting inklusi, serta strategi intervensi yang sesuai. Selain itu, mata kuliah ini menekankan peran konselor dalam membangun lingkungan inklusif dan penerapan bimbingan serta konseling inklusi. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan mampu memahami teori pendekatan inklusi, melakukan asesmen, serta merancang dan mengimplementasikan layanan bimbingan dan konseling inklusi secara profesional.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Hakekat inklusi, peran konselor secara profesional dalam setting inklusi
    2. Konsep dasar Anak Berkebutuhan Khusus Temporer
    3. Konsep dasar Anak Berkebutuhan Khusus  Disabilitas Fisik
    4. Konsep dasar anak berkebutuhan khusus  kelainan kecerdasan
    5. Konsep dasar anak berkebutuhan khusus kesulitan belajar spesifik
    6. Konsep dasar anak berkebutuhan khusus gangguan spektrum autism
    7. Konsep dasar anak berkebutuhan khusus ADD/ADHD
    8. Konsep dasar anak berkebutuhan khusus masalah emosi dan perilaku
    9. Konsep dasar anak berkebutuhan khusus individu marginal
    10. Konsep dasar inklusi pendidikan
    11. Konsep dasar inklusi sosial
    12. Asesmen dalam ranah inklusi
    13. Bimbingan dan konseling dalam ranah inklusi

     


  • Pustaka
    1. Mierrina. (2021). Bimbingan dan Konseling Inklusi - Model Bimbingan & Konseling Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus dan Individu Marginal. Surabaya: Dimar Jaya. (Integrasi Karya Dosen Pengampu).
    2. Mierrina. (2018). Intervensi Religius Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Islamic Religious Intervention For Children Special Needs). Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol. 8. No. 2. http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/jbki/article/view/443 (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    3. Mierrina. (2019). Social Inclusion In Building Islamic Positive Behavior On Adhd Children. Indonesian Psychological Reserarch. Vol. 01, No. 02.  https://doi.org/10.29080/ipr.v1i2.179 (Integrasi Karya Dosen Pengampu)
    4. Mierrina. (2018).  Bimbingan Konseling Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus: Model Konseling Inklusi.  Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol. 8. No. 1. https://doi.org/10.29080/jbki.2018.8.1.19-34 (Integrasi Karya Dosen Pengampu).
    5. Handbook of Inclusive Education. (2020). New Delhi: Central Board Of Secondary Education
    6. IDA Dyslexia Handbook: What Every Family Should Know. (2019). Baltimore: The International Dyslexia Association (IDA).
    7. Merangkul Perbedaan: Perangkat untuk Mengembangkan Lingkungan Inklusif Ramah terhadap Pembelajaran. (2014). Bangkok: UNESCO.
    8. Tichá, R., Abery, B.H., Johnstone, C., Poghosyan, A. & Hunt, P.F. (2018). Inclusive Education Strategies: A Textbook. USA: Regents of the University of Minnesota.
    9. Liamputtong, P.  (2022). Handbook of Social Inclusion. Switzerland: Springer. https://doi.org/10.1007/978.
    10. Social Inclusion. (2014). UNICEF
    11. Ong, F. (2009). Inclusion Works! Creating Child Care Programs That Promote Belonging for Children with Special Needs. Sacramento: California Department Education.

    Laptop
    Smart TV
    LCD
    Perpustakaan
    Field Work
    Laboratorium

    dosen-teori-dan-pendekatan-inklusi
    Dr. Mierrina, M.Si., Psikolog.
    196804132014112001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester