Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 16, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas proses perkembangan individu sejak masa prenatal hingga masa kanak-kanak madya. Mahasiswa mempelajari aspek fisik, kognitif, dan psikososial dengan landasan teori klasik dan modern serta keterkaitannya dengan praktik bimbingan dan konseling Islam. Mahasiswa juga dilatih untuk menganalisis kasus dan menyusun rencana layanan berbasis perkembangan.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Pengertian, tujuan, dan ruang lingkup psikologi perkembangan
    2. Prinsip perkembangan; isu utama: nature vs nurture, kontinu vs diskontinu, aktif vs reaktif
    3. Teori psikoanalisa, teori belajar (behavioris & sosial)
    4. Teori kognitif (Piaget, Vygotsky), teori kontekstual (Bronfenbrenner)
    5. Teori evolusi, etologi, metode penelitian & kode etik dalam psikologi perkembangan
    6. Perkembangan prenatal: pembuahan, faktor genetik-lingkungan, tahap-tahap perkembangan
    7. Proses kelahiran & perkembangan fisik usia 0–3 tahun
    8. Ujian Tengah Semester
    9. Perkembangan kognitif & bahasa pada usia 0–3 tahun
    10. Perkembangan psikososial usia 0–3 tahun
    11. Perkembangan fisik & kognitif masa kanak-kanak awal (early childhood)
    12. Perkembangan psikososial masa kanak-kanak awal
    13. Perkembangan fisik masa kanak-kanak madya (middle childhood)
    14. Perkembangan kognitif masa middle childhood
    15. Perkembangan psikososial masa middle childhood
    16. Ujian Akhir Semester

  • Pustaka
    1. Papalia, D. E., & Martorell, G. (2014). Experience Human Development (13th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
    2. Berk, L. E. (2020). Development Through the Lifespan (7th ed.). Boston: Pearson Education.
    3. Sigelman, C. K., & Rider, E. A. (2021). Life-Span Human Development (10th ed.). Boston: Cengage Learning.
    4. Shaffer, D. R., & Kipp, K. (2020). Developmental Psychology: Childhood and Adolescence (10th ed.). Boston: Cengage Learning.
    5. Lally, M., & Valentine-French, S. (2015). Lifespan Development: A Psychological Perspective. Open Educational Resource, College of Lake County.
    6. Bornstein, M. H. (2019). The Handbook of Life-Span Development, Volume 1: Cognition, Biology, and Methods. Developmental Psychology Review, 55(4), 875–890.
    7. Lerner, R. M. (2018). Concepts and Theories of Human Development: The Importance of Context. Annual Review of Psychology, 69, 1–23.
    8. Gauvain, M., & Perez, S. M. (2017). The Socialization of Cognition: Cultural and Social Influences on Cognitive Development. Current Directions in Psychological Science, 26(5), 356–362.
    9. Shonkoff, J. P., & Phillips, D. A. (2016). From Neurons to Neighborhoods: The Science of Early Childhood Development. Child Development Perspectives, 10(3), 163–168.
    10. Santrock, J. W. (2021). Life-Span Development (18th ed.). New York: McGraw-Hill Education.

    1. PowerPoint Presentasi & Video Pembelajaran
    2. Buku teks dan jurnal ilmiah (PDF/digital)
    3. LMS (E-learning UINSA, Google Classroom)
    4. Lembar kerja mahasiswa (LKM), studi kasus, dan kuis reflektif
    5. Whiteboard, flipchart, dan alat bantu visual lain

    dosen-psikologi-perkembangan
    Dra. Faizah Noer Laela, M.Si
    196012111992032001
    dosen-psikologi-perkembangan
    Dr. Akhtim Wahyuni, M.Ag
    197303202005012003
    dosen-psikologi-perkembangan
    Amriana, S.Sos.I., M.Pd.
    198904112020122019
    dosen-psikologi-perkembangan
    Dr. Margono, M.Pd.
    B15056
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :4
    • Durasi :1 Semester