Mata kuliah Manajemen Bimbingan dan Konseling (BK) Pesantren dan Madrasah bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola layanan bimbingan dan konseling di lingkungan pesantren dan madrasah. Mahasiswa akan mempelajari konsep dasar manajemen, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program BK, serta memahami tantangan dan kebutuhan khusus di lembaga pendidikan Islam. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan mengelola layanan BK yang efektif untuk mendukung perkembangan siswa secara pribadi, akademik, sosial, dan spiritual di pesantren dan madrasah.
Slamet, D. (2014).
Manajemen Bimbingan dan Konseling (Edisi Revisi).
Jakarta: Rineka Cipta.
Buku ini membahas teori dasar manajemen BK serta pengelolaannya dalam konteks pendidikan. Meskipun tidak spesifik untuk pesantren atau madrasah, buku ini memberikan landasan teori dan praktik manajemen layanan BK yang bisa diterapkan di berbagai jenis lembaga pendidikan, termasuk pesantren dan madrasah.
Mulyasa, E. (2017).
Manajemen Pendidikan: Dari Teori ke Praktek.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Buku ini memberikan pemahaman mendalam tentang manajemen pendidikan secara umum, yang dapat diterapkan dalam mengelola program BK di pesantren dan madrasah, termasuk perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Ulfah, S. (2015).
Manajemen Bimbingan dan Konseling di Pesantren.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Buku ini membahas secara khusus penerapan manajemen BK di pesantren, dengan penekanan pada pengelolaan program BK yang berbasis nilai-nilai Islam.
Syah, M. (2012).
Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Bimbingan dan Konseling.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Buku ini menjelaskan aspek psikologi dalam pendidikan, termasuk di dalamnya berbagai teknik konseling yang dapat diterapkan dalam manajemen layanan BK di pesantren dan madrasah.
Al-Amin, M. (2013).
Manajemen Bimbingan dan Konseling di Madrasah.
Jakarta: Kencana.
Buku ini memberikan panduan praktis tentang manajemen BK di madrasah, dengan fokus pada implementasi yang sesuai dengan kebutuhan siswa di lingkungan madrasah.
Corey, G. (2015). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.).
Corey, G., & Corey, M. S. (2014).Group Counseling: Strategies and Skills (8th ed.).Cengage Learning.Buku ini menyajikan berbagai teknik dan pendekatan dalam konseling kelompok yang dapat diterapkan dalam setting pesantren dan madrasah untuk meningkatkan interaksi sosial dan perkembangan pribadi siswa.
Yusuf, M. (2016).
Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pendidikan Islam.
Jakarta: Rajawali Pers.
Buku ini memberikan wawasan mengenai pengelolaan sumber daya manusia dalam pendidikan Islam, termasuk peran konselor BK dan pengelolaan program BK di pesantren dan madrasah.
Gladding, S. T. (2012).
Group Work: A Counseling Specialty (7th ed.).
Pearson Education.
Buku ini mengulas teknik-teknik yang dapat digunakan dalam konseling kelompok di lembaga pendidikan, termasuk pesantren dan madrasah, untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah sosial dan pribadi.
Moleong, L. J. (2011).
Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Remaja Rosdakarya.
Buku ini mengulas metodologi penelitian yang dapat digunakan untuk mengevaluasi efektivitas program BK di pesantren dan madrasah melalui pendekatan kualitatif.
Slamet, D. (2015).
"Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling di Madrasah dan Pesantren."
Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 143-150.
Artikel ini membahas strategi pengembangan program BK di madrasah dan pesantren, serta tantangan dan solusi yang dihadapi dalam penerapannya.
Hassan, S. (2018).
"Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Islam."
Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(3), 204-212.
Artikel ini memberikan panduan tentang pengelolaan layanan BK di pesantren dan madrasah, serta pentingnya nilai-nilai Islam dalam proses konseling.
Arifin, Z. (2017).
"Peran Konselor dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Bimbingan dan Konseling di Pesantren."
Jurnal Bimbingan dan Konseling, 14(2), 89-96.
Artikel ini membahas tentang pentingnya peran konselor dalam mengelola dan meningkatkan layanan BK di pesantren, dengan fokus pada pendekatan yang berbasis agama.
14. Rofiq, Arif Ainur, 2012. Ketrampilan Komunikasi
Konseling. Surabaya :Revka Petra Media
15. Rofiq, Arif Ainur, 2014,Studi Kelembagaan Konseling, Surabaya: Revka Petra Media
1. Power Point (PPT)
2. Vidio Pembelajaran Interaktif
3. Diskusi Kelompok dan Presentasi
4. Perpustakaan: Akses Jurnal Akademik terkait topik mata kuliah manajemen BK Pesantren dan Madrasah
5. Sharing Session: Presentasi materi mata kuliah manajemen Bk Pesantren dan Madrasah kepada audiens