Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 5, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membahas konsep dasar, teori perkembangan, serta pendekatan dalam konseling anak dan remaja dengan perspektif Islam. Mahasiswa akan mempelajari teknik asesmen, intervensi individu dan kelompok, serta penerapan program bimbingan dan konseling untuk anak dan remaja dalam berbagai konteks, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat. Mata kuliah ini juga menekankan nilai-nilai Islam dalam praktik konseling serta etika dan profesionalisme dalam profesi konselor anak dan remaja.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Pengantar Konseling Anak dan Remaja

    2. Perkembangan Psikologis Anak dan Remaja

    3. Masalah Psikologis Anak dan Remaja

    4. Pendekatan dan Teknik Konseling Anak dan Remaja

    5. Asesmen dalam Konseling Anak dan Remaja

    6. Konseling Individu untuk Anak dan Remaja

    7. Konseling Kelompok untuk Anak dan Remaja

    8. Konseling Keluarga dalam Menangani Masalah Anak dan Remaja

    9. Program Bimbingan dan Konseling untuk Anak dan Remaja

    10. Implementasi Program Bimbingan Konseling di Sekolah

    11. Konseling Anak dan Remaja dalam Perspektif Islam

    12. Evaluasi Layanan Bimbingan dan Konseling Anak dan Remaja

    13. Studi Kasus dan Rencana Intervensi Konseling Anak dan Remaja

    14. Etika dan Profesionalisme dalam Konseling Anak dan Remaja


  • Pustaka
  • 1.      Corey, G. (2020). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Cengage Learning.

    2.      Geldard, K., Geldard, D., & Foo, R. Y. (2018). Counselling Children: A Practical Introduction. SAGE Publications.

    3.      Neukrug, E. S. (2019). The World of the Counselor: An Introduction to the Counseling Profession. Cengage Learning.

    4.      Sharf, R. S. (2021). Theories of Psychotherapy and Counseling: Concepts and Cases. Cengage Learning.

    5.      Henderson, D. A., & Thompson, C. L. (2019). Counseling Children. Cengage Learning.

    6.   Al-Ghazali, M. (2015). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Pustaka Amani.
    7.   Berk, L. E. (2018). Development Through the Lifespan. Boston: Pearson.
    8.   Corey, G. (2016). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Belmont: Cengage Learning.
    9.   Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publications.
    10. Egan, G. (2019). The Skilled Helper: A Problem-Management and Opportunity-Development Approach to Helping. Boston: Cengage Learning.
    11.  Gunarsa, S. D. (2015). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia.
    12.  Jacobs, E. E. (2020). Group Counseling: Strategies and Skills. Boston: Cengage Learning.
    13.  Minuchin, S. (2015). Family Therapy Techniques. Boston: Harvard University Press.
    14.  Santrock, J. W. (2020). Adolescence. Boston: McGraw-Hill.
    15.  Schmidt, J. J. (2019). Counseling in Schools: Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students. Boston: Pearson.
    16.  Sukardi, R. (2019). Konseling Anak dan Remaja. Jakarta: Pustaka Pelajar.
    17.  Yusuf, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

    LCD
    Laptop
    Smart TV

    dosen-konseling-anak-dan-remaja
    Dr. Pudji Rahmawati, M.Kes
    196703251994032002
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester