Mata kuliah ini membahas konsep dasar, teori perkembangan, serta pendekatan dalam konseling anak dan remaja dengan perspektif Islam. Mahasiswa akan mempelajari teknik asesmen, intervensi individu dan kelompok, serta penerapan program bimbingan dan konseling untuk anak dan remaja dalam berbagai konteks, seperti keluarga, sekolah, dan masyarakat. Mata kuliah ini juga menekankan nilai-nilai Islam dalam praktik konseling serta etika dan profesionalisme dalam profesi konselor anak dan remaja.
1. Pengantar Konseling Anak dan
Remaja 2. Perkembangan Psikologis Anak dan
Remaja 3. Masalah Psikologis Anak dan Remaja 4. Pendekatan dan Teknik Konseling
Anak dan Remaja 5. Asesmen dalam Konseling Anak dan
Remaja 6. Konseling Individu untuk Anak dan
Remaja 7. Konseling Kelompok untuk Anak dan Remaja 8. Konseling Keluarga dalam Menangani
Masalah Anak dan Remaja 9. Program Bimbingan dan Konseling
untuk Anak dan Remaja 10. Implementasi Program Bimbingan
Konseling di Sekolah 11. Konseling Anak dan Remaja dalam
Perspektif Islam 12. Evaluasi Layanan Bimbingan dan
Konseling Anak dan Remaja 13. Studi Kasus dan Rencana Intervensi
Konseling Anak dan Remaja 14. Etika dan Profesionalisme dalam
Konseling Anak dan Remaja
1. Corey, G. (2020). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Cengage Learning.
2. Geldard, K., Geldard, D., & Foo, R. Y. (2018). Counselling Children: A Practical Introduction. SAGE Publications.
3. Neukrug, E. S. (2019). The World of the Counselor: An Introduction to the Counseling Profession. Cengage Learning.
4. Sharf, R. S. (2021). Theories of Psychotherapy and Counseling: Concepts and Cases. Cengage Learning.
5. Henderson, D. A., & Thompson, C. L. (2019). Counseling Children. Cengage Learning.
6. Al-Ghazali, M. (2015). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Pustaka Amani.LCD
Laptop
Smart TV