Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

April 12, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Keterampilan Komunikasi Konseling bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam berkomunikasi secara efektif dalam konteks konseling. Mahasiswa akan mempelajari teknik-teknik dasar komunikasi, termasuk mendengarkan aktif, empati, serta pemberian umpan balik yang konstruktif. Selain itu, mata kuliah ini juga mengajarkan prinsip-prinsip etika dalam konseling, serta bagaimana membangun hubungan yang saling percaya antara konselor dan klien. Dengan keterampilan ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi konselor yang profesional dan mampu membantu klien untuk mengatasi berbagai permasalahan secara efektif dan bijaksana.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1: Pengenalan Mata Kuliah dan Dasar-Dasar Komunikasi Konseling
    2: Prinsip-prinsip Etika dalam Komunikasi Konseling
    3: Teknik Mendengarkan Aktif (Active Listening)
    4: Mengembangkan Empati dalam Konseling
    5: Keterampilan Bertanya dalam Konseling
    6: Teknik Parafrase dan Refleksi Perasaan
    7: Pemberian Umpan Balik yang Konstruktif
    8: Komunikasi Non-Verbal dalam Konseling
    9: Membangun Hubungan Terapeutik (Rapport Building)
    10: Mengelola Proses Konseling – Fase Pertama
    11: Mengelola Proses Konseling – Fase Kedua
    12: Mengelola Konflik dan Ketegangan dalam Konseling
    13: Komunikasi dalam Menangani Perubahan Klien
    14: Komunikasi dalam Krisis dan Penanganan Stres
    15: Penutupan Proses Konseling dan Evaluasi
    16: Praktik Simulasi Konseling dan Ujian Keterampilan


  • Pustaka
    1. Corey, G. (2016).
      Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.).
      Brooks/Cole.
      Buku ini memberikan gambaran menyeluruh tentang teori dan praktik konseling, serta teknik-teknik komunikasi yang digunakan oleh konselor dalam interaksi dengan klien.

    2. Ivey, A. E., Ivey, M. B., & Zalaquett, C. P. (2017).
      Intentional Interviewing and Counseling: Facilitating Client Development in a Multicultural Society (9th ed.).
      Cengage Learning.
      Buku ini mengulas keterampilan mendengarkan aktif, teknik bertanya, serta memberikan umpan balik dalam konteks konseling, dengan penekanan pada keberagaman budaya.

    3. Rogers, C. R. (2007).
      On Becoming a Person: A Therapist's View of Psychotherapy.
      Houghton Mifflin Harcourt.
      Buku klasik ini mengulas filosofi dan praktik Carl Rogers tentang konseling, termasuk pentingnya empati dan komunikasi dalam hubungan konseling.

    4. McLeod, J. (2013).
      An Introduction to Counseling (5th ed.).
      McGraw-Hill Education.
      Buku ini memberikan dasar teori dan praktek konseling dengan fokus pada keterampilan komunikasi yang efektif dalam berinteraksi dengan klien.

    5. Hill, C. E. (2014).
      Helping Skills: Facilitating Exploration, Insight, and Action.
      American Psychological Association.
      Buku ini menjelaskan berbagai teknik dalam membantu klien, termasuk komunikasi aktif, pemberian umpan balik, dan teknik konseling lainnya.

    6. Egan, G. (2013).
      The Skilled Helper: A Problem-Management and Opportunity-Development Approach to Helping (10th ed.).
      Cengage Learning.
      Buku ini memaparkan pendekatan langkah-demi-langkah untuk membantu klien mengatasi masalah mereka dengan fokus pada keterampilan komunikasi yang terstruktur.

    7. Brownell, J. (2012).
      Listening: Attitudes, Principles, and Skills (5th ed.).
      Pearson Higher Education.
      Buku ini memberikan wawasan tentang keterampilan mendengarkan yang efektif, yang sangat penting dalam konseling dan komunikasi interpersonal.

    8. Young, M. E. (2017).
      Learning the Art of Helping: Building Blocks and Techniques (7th ed.).
      Pearson.
      Buku ini mengulas keterampilan dasar yang diperlukan dalam membantu klien, termasuk teknik komunikasi yang berguna dalam proses konseling.

    9. Berk, L. E. (2013).
      Development Through the Lifespan (6th ed.).
      Pearson Education.
      Buku ini meskipun lebih berfokus pada perkembangan manusia, namun memberikan pemahaman tentang komunikasi antar individu yang dapat diaplikasikan dalam konseling.

    10. Heath, A. M., & Rollins, C. S. (2016).
      Counseling and Psychotherapy: A Critical Reader.
      Sage Publications.
      Buku ini menawarkan perspektif kritis tentang konseling dan terapi, termasuk komunikasi yang efektif dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan oleh konselor.

    11. Hansen, J. T. (2014).
      "The Ethical Practice of Counseling and Psychotherapy."
      Journal of Counseling & Development, 92(4), 437-446.
      Artikel ini membahas isu-isu etika dalam praktik konseling, termasuk komunikasi dan batasan-batasan profesional.

    12. Norcross, J. C., & Lambert, M. J. (2018).
      "Psychotherapy Relationships That Work."
      Oxford University Press.
      Buku ini mengulas hubungan terapeutik dalam konseling, termasuk teknik komunikasi yang efektif dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang sehat antara konselor dan klien.

    13. Brammer, L. M., & Shostrom, E. L. (2013).
      The Helping Relationship: Process and Skills (9th ed.).
      Pearson Higher Education.
      Buku ini memberikan pemahaman tentang proses konseling, keterampilan komunikasi yang digunakan dalam sesi konseling, serta teknik-teknik yang berguna untuk membantu klien.

    14. Rofiq, Ainur Arif (2017), Teori dan Praktik Konseling, Surabaya : Raziev Jaya


    1. Power Point (PPT)
    2. Vidio Pembelajaran Interaktif
    3. Diskusi Kelompok dan Presentasi
    4. Perpustakaan: Akses Jurnal Akademik terkait topik Keterampilan Komunikasi Konseling
    5. Sharing Session: Presentasi materi keterampilan komunikasi konseling kepada audiens

    dosen-keterampilan-komunikasi-konseling
    Dr. Agus Santoso, S.Ag, M.Pd
    197008251998031002
    dosen-keterampilan-komunikasi-konseling
    Dr. Arif Ainur Rofiq, S.Sos.I., S.Pd., M.Pd., Kons.
    197708082007101004
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester