Mata kuliah Evaluasi Bimbingan dan Konseling (BK) Pesantren dan Madrasah bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam mengevaluasi efektivitas program BK di pesantren dan madrasah. Mahasiswa akan mempelajari metode dan teknik evaluasi, serta cara mengukur keberhasilan layanan BK dalam mendukung perkembangan santri. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas pentingnya umpan balik, analisis data, dan perbaikan program untuk meningkatkan kualitas layanan BK. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat merancang dan mengimplementasikan evaluasi yang objektif dan bermanfaat bagi kemajuan santri di lingkungan pesantren dan madrasah.
Slamet, D. (2014).
Manajemen Bimbingan dan Konseling.
Jakarta: Rineka Cipta.
Buku ini membahas berbagai aspek bimbingan dan konseling, termasuk evaluasi program BK. Konsep evaluasi dalam konteks pesantren dan madrasah dibahas secara rinci, memberikan pemahaman mengenai pentingnya evaluasi dalam pengelolaan layanan BK.
Mulyadi, S. (2018).
Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Buku ini memberikan penjelasan mendalam tentang teknik-teknik evaluasi yang digunakan untuk menilai efektivitas program bimbingan dan konseling di berbagai lembaga pendidikan, termasuk pesantren dan madrasah.
Corey, G. (2015).
Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th ed.).
Brooks/Cole.
Buku ini menyajikan pendekatan evaluasi dalam psikoterapi dan konseling, yang bisa diterapkan dalam konteks program BK di pesantren dan madrasah. Buku ini juga memberikan insight tentang teknik evaluasi yang relevan untuk menilai kinerja konselor.
Suhendri, E. (2015).
Asesmen dalam Bimbingan dan Konseling.
Bandung: Alfabeta.
Buku ini membahas mengenai teknik asesmen dan evaluasi dalam bimbingan dan konseling, serta bagaimana mengukur keberhasilan suatu program BK, baik dalam konteks pendidikan umum maupun di pesantren dan madrasah.
Hurlock, E. B. (2012).
Psikologi Perkembangan (Edisi 6).
Jakarta: Erlangga.
Buku ini memberikan wawasan mengenai perkembangan psikologis siswa yang bisa menjadi acuan dalam melakukan evaluasi terhadap hasil bimbingan dan konseling, khususnya dalam pesantren dan madrasah yang memiliki karakteristik unik.
Suryani, A., & Subiantoro, S. (2016).
"Penggunaan Asesmen Psikologis untuk Masalah Siswa di Pesantren."
Jurnal Pendidikan dan Konseling, 8(2), 145-153.
Artikel ini membahas bagaimana asesmen dan evaluasi diterapkan dalam konteks pesantren untuk menangani masalah yang dihadapi santri. Relevan dalam konteks evaluasi program BK.
Alfiani, D. & Rahman, A. (2018).
Asesmen Bimbingan dan Konseling untuk Pendidikan Islam.
Jakarta: Kencana.
Buku ini sangat relevan bagi pendidikan Islam, memberikan pedoman tentang teknik asesmen dan evaluasi dalam program bimbingan dan konseling di pesantren dan madrasah.
Kottler, J. A., & Kottler, E. (2011).
Counseling: A Comprehensive Profession.
Pearson Education.
Buku ini menyediakan wawasan tentang berbagai teknik evaluasi dalam konseling, termasuk yang diterapkan di lembaga pendidikan Islam, seperti pesantren dan madrasah.
Ahmad, A., & Fajar, S. (2017).
"Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling di Pesantren."
Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 10(1), 55-61.
Artikel ini membahas evaluasi terhadap program BK di pesantren dengan pendekatan berbasis Islam dan memberikan insight tentang efektivitas program tersebut.
Santosa, W. (2018).
"Evaluasi Kinerja Konselor dalam Layanan BK Pesantren."
Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 123-130.
Artikel ini mengkaji pentingnya evaluasi terhadap kinerja konselor dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di pesantren dan madrasah.
1. Power Point (PPT)
2. Vidio Pembelajaran Interaktif
3. Diskusi Kelompok dan Presentasi
4. Perpustakaan: Akses Jurnal Akademik terkait topik evaluasi BK pesantren dan madrasah
5. Sharing Session: Presentasi materi evaluasi bk pesantren dan madrasah kepada audiens