Mata kuliah Bimbingan dan Konseling Kelompok bertujuan untuk mengembangkan pemahaman mahasiswa tentang konsep, prinsip, dan teknik dalam melaksanakan bimbingan dan konseling dalam konteks kelompok. Mahasiswa akan mempelajari berbagai pendekatan dan metode yang digunakan dalam konseling kelompok, termasuk dinamika kelompok, peran fasilitator, serta pengelolaan isu-isu dalam kelompok. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan keterampilan dalam merancang dan melaksanakan sesi bimbingan kelompok yang efektif, serta memberikan dukungan kepada anggota kelompok untuk berkembang secara pribadi dan sosial.
1.Mampu menjelaskan pengantar mata kuliah Bimbingan
dan Konseling Kelompok
2.Mampu menjelaskan faktor-faktor
yang mempengaruhi proses Bimbingan dan Konseling Kelompok
3.Mampu menjelaskan pembentukan
relasi positif atau kepercayaan dalam proses Bimbingan dan Konseling Kelompok
4.Mampu menjelaskan proses pemberhentian relasi Bimbingan dan
Konseling Kelompok
5.Mampu menjelaskan perkembangan
dan masalah klien
6.Mampu menjelaskan bentuk-bentuk
konseling kelompok: Konseling Perkawinan
7. Mampu menjelaskan bentuk-bentuk konseling kelompok: Konseling Keluarga
8.Ujian Tengah Semester
9.Mampu menjelaskan Konseling
kelompok: Tipe kelompok
10.Mampu menjelaskan Proses konseling kelompok; TahapPembentukan
11.Mampu menjelaskan Proses konseling kelompok; TahapPeralihan
12.Mampu menjelaskan Proses konseling kelompok; TahapKegiatan
13.Mampu menerapkan prosedur Proses
konseling kelompok; TahapPengakhiran
14.Mampu menerapkan prosedur Praktek
konseling kelompok
Corey, G. (2015).
Group Counseling: Strategies and Skills (8th ed.).
Cengage Learning.
Buku ini memberikan panduan mendalam mengenai teori dan praktik konseling kelompok, teknik-teknik yang digunakan, serta cara mengelola dinamika kelompok dalam konteks bimbingan dan konseling.
Jacobs, E. E., Masson, R. L., & Harvill, R. L. (2012).
Group Counseling: Strategies and Skills (7th ed.).
Brooks/Cole.
Buku ini mengulas berbagai aspek penting dalam konseling kelompok, seperti keterampilan fasilitator, dinamika kelompok, serta teknik-teknik untuk meningkatkan efektivitas sesi konseling kelompok.
Yalom, I. D., & Leszcz, M. (2005).
The Theory and Practice of Group Psychotherapy (5th ed.).
Basic Books.
Buku klasik ini membahas teori dan praktik psikoterapi kelompok, serta aplikasinya dalam konteks konseling kelompok. Yalom juga mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar dan teknik untuk mengelola kelompok secara efektif.
Gladding, S. T. (2012).
Group Work: A Counseling Specialty (7th ed.).
Pearson Education.
Buku ini mengulas berbagai pendekatan dalam konseling kelompok, termasuk model-model bimbingan, peran fasilitator, dan pengelolaan dinamika kelompok yang efektif.
Johnson, D. W., & Johnson, F. P. (2014).
Joining Together: Group Theory and Group Skills (11th ed.).
Pearson.
Buku ini mengembangkan teori kelompok dan keterampilan untuk bekerja dengan kelompok, baik dalam konteks bimbingan maupun terapi, serta memberikan teknik-teknik praktis untuk pemimpin kelompok.
Horne, A. M., & Aboud, F. E. (2004).
Handbook of Group Counseling and Psychotherapy.
Sage Publications.
Buku ini memberikan wawasan mendalam tentang teori dan praktik bimbingan dan konseling kelompok, dengan fokus pada berbagai teknik konseling dan terapi kelompok yang relevan dengan berbagai masalah individu dalam kelompok.
Kottler, J. A., & Kottler, E. (2010).
Counseling Skills for Teachers.
Sage Publications.
Buku ini mengulas bagaimana keterampilan bimbingan dan konseling kelompok dapat diterapkan dalam setting pendidikan dan bagaimana guru bisa berperan sebagai fasilitator dalam konseling kelompok di sekolah.
Sommers-Flanagan, J., & Sommers-Flanagan, R. (2015).
Clinical Interviewing (5th ed.).
Wiley.
Buku ini lebih berfokus pada wawancara klinis, tetapi mencakup banyak aspek yang berguna dalam konseling kelompok, termasuk teknik bertanya, mendengarkan, dan mengelola dinamika kelompok.
Dinkmeyer, D., & Dinkmeyer, D. C. (2000).
The Adlerian Group Counseling: Theories and Practices.
W. W. Norton & Company.
Buku ini menyajikan teori dan praktik konseling kelompok berdasarkan pendekatan Adlerian, yang sering digunakan dalam konteks kelompok untuk membangun saling percaya dan mendukung perkembangan individu.
Trotzer, J. P. (2011).
Theories of Counseling and Psychotherapy: An Integrative Approach (3rd ed.).
Pearson.
Buku ini memberikan perspektif teoritis yang luas tentang berbagai pendekatan dalam konseling kelompok, dari pendekatan tradisional hingga integratif, serta teknik-teknik untuk mengelola kelompok.
Corey, G., & Corey, M. S. (2007).
"Group Counseling and Therapy: The Essential Practice of Group Work."
Journal of Counseling & Development, 85(3), 379-384.
Artikel ini mengulas dasar-dasar konseling kelompok dan memberikan panduan praktis mengenai teknik dan prinsip-prinsip kerja dengan kelompok.
Hanna, F. J. (2014).
Group Work in the Helping Professions: A Handbook for Practice.
Oxford University Press.
Buku ini mengulas berbagai pendekatan praktis dalam konseling kelompok, termasuk penanganan masalah kelompok dan penggunaan teknik yang sesuai.
Sexton, T. L., & Whiston, S. C. (1999).
“Group Counseling in Schools.”
Journal of Counseling and Development, 77(1), 85-91.
Artikel ini membahas praktik konseling kelompok di lingkungan sekolah, dengan fokus pada teknik-teknik untuk membantu siswa dalam menghadapi tantangan sosial dan akademik.
Rofiq, Ainur Arif (2014), Teori dan Praktik Konseling, Surabaya: Raziev Jaya
1. Power Point (PPT)
2. Vidio Pembelajaran Interaktif
3. Diskusi Kelompok dan Presentasi
4. Perpustakaan: Akses Jurnal Akademik terkait topik bimbingan dan konseling kelompok
5. Sharing Session: Presentasi materi bimbingan dan konseling kelompok kepada audiens