Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 18, 2025

Jumlah SKS:

4 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap profesional dalam lingkungan kerja nyata sesuai bidang keilmuannya. Melalui magang di lembaga, industri, organisasi, atau instansi terkait, mahasiswa berkesempatan memahami dinamika dunia kerja, mengembangkan kompetensi praktis, memperluas jejaring profesional, serta menumbuhkan etos kerja dan tanggung jawab. Kegiatan meliputi orientasi, perencanaan program kerja, pelaksanaan tugas, supervisi lapangan, dan evaluasi kinerja. Di akhir program, mahasiswa menyusun laporan magang sebagai bukti capaian pembelajaran dan refleksi atas pengalaman yang diperoleh.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep dan tujuan magang kerja
        a. Landasan teori experiential learning (Kolb)
        b. Peran magang dalam pembentukan kompetensi profesional
        c. Etika dan budaya kerja di berbagai organisasi
    2. Perencanaan program magang
        a. Penyusunan proposal dan tujuan individu
        b. Identifikasi kebutuhan organisasi mitra
    3. Pelaksanaan magang
        a. Penerapan keilmuan di lapangan
        b. Strategi adaptasi terhadap lingkungan kerja
        c. Komunikasi profesional dan teamwork
    3. Monitoring dan supervisi
        a. Mekanisme evaluasi kinerja mahasiswa
        b. Umpan balik dan perbaikan berkelanjutan
    4. Pelaporan dan refleksi
        a. Teknik penulisan laporan magang
        b. Analisis capaian pembelajaran
        c. Rekomendasi perbaikan untuk program magang berikutnya

  • Pustaka
  • Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development (2nd ed.). Pearson Education
  • Sweitzer, H. F., & King, M. A. (2019). The Successful Internship: Personal, Professional, and Civic Development in Experiential Learning (5th ed.). Cengage Learning.
  • National Association of Colleges and Employers (NACE). (2021). Career Readiness Competencies.
    Allen, T. D., & Eby, L. T. (2010). The Blackwell Handbook of Mentoring: A Multiple Perspectives Approach. Wiley-Blackwell.
  • Laporan dan pedoman magang dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI), Kemdikbudristek.
    Panduan Workplace Readiness Skills dari World Economic Forum (WEF) dan UNESCO.
  • 1. Proyektor
    2. Lab sosial

    dosen-melaksanakan-program-magang-kerja
    Dr Nailatin Fauziyah, S.Psi. M.Si. M.Psi.Psi
    197406122007102006
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester