Mata kuliah Melaksanakan Program Belajar Mengajar dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman teoretis dan keterampilan praktis dalam merancang, melaksanakan, mengevaluasi, serta merefleksikan proses pembelajaran secara komprehensif. Fokus utama mata kuliah ini adalah pengembangan kompetensi pedagogik dosen atau pendidik dalam merancang rencana pembelajaran, menyusun materi dan metode ajar, menerapkan pendekatan student-centered learning, serta mengevaluasi hasil belajar berbasis capaian pembelajaran. Selain itu, mata kuliah ini juga menekankan pentingnya penggunaan media digital, pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan inklusif dalam menjawab tantangan pendidikan abad ke-21. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi, studi kasus, praktik penyusunan RPS/RPM, simulasi pengajaran, dan refleksi mandiri.
1. Hakikat Belajar dan Mengajar
Teori belajar, hubungan antara belajar dan mengajar, serta pergeseran paradigma pendidikan modern.
2. Perencanaan Pembelajaran
Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS), Rencana Pembelajaran Mingguan (RPM), dan tujuan instruksional berbasis taksonomi Bloom.
3. Strategi dan Model Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran aktif, kolaboratif, berbasis proyek (PjBL), dan berbasis masalah (PBL).
4. Media dan Sumber Belajar
Desain media pembelajaran, penggunaan teknologi digital, dan prinsip integrasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge).
5. Evaluasi dan Asesmen Pembelajaran
Prinsip, jenis, dan instrumen evaluasi yang relevan dengan capaian pembelajaran.
6. Pembelajaran Inklusif dan Diferensiatif
Strategi pembelajaran untuk peserta didik dengan latar belakang dan kemampuan beragam.
7. Refleksi dan Pengembangan Profesional
Praktik reflektif, supervisi sejawat, dan penyusunan laporan pelaksanaan program pembelajaran.
1. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
2. Biggs, J., & Tang, C. (2011). Teaching for Quality Learning at University (4th ed.). McGraw-Hill Education.
3. Brookfield, S. D. (2017). Becoming a Critically Reflective Teacher (2nd ed.). Jossey-Bass.
4. Gagné, R. M., Wager, W. W., Golas, K. C., & Keller, J. M. (2005). Principles of Instructional Design (5th ed.). Wadsworth.
5. Killen, R. (2007). Teaching Strategies for Outcomes-based Education. Juta and Company Ltd.
6. Ministry of Education and Culture, Republic of Indonesia (2020). Panduan Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
7. Molenda, M., Reigeluth, C. M., & Nelson, L. M. (2003). Instructional Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory (Vol. II). Routledge.
8. Prawiradilaga, D. S. (2017). Desain Sistem Pembelajaran: Teori dan Aplikasinya pada Pendidikan Jarak Jauh dan Pendidikan Berbasis Teknologi (Ed. Revisi). Kencana.
9. Sugiyono. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Alfabeta.
10. Zaini, H. M., dkk. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif: Meningkatkan Kecerdasan Ganda Siswa. Humaniora.
PPT, Buku, E-Book, Jurnal, Smart TV