Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 27, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pemahaman dan keterampilan dalam komunikasi bisnis yang efektif, baik dalam lingkungan internal organisasi maupun dalam interaksi dengan mitra bisnis. Mahasiswa akan mengembangkan semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam komunikasi profesional serta mampu menggunakan minimal satu bahasa internasional dalam berbagai situasi bisnis. Selain itu, mata kuliah ini mengajarkan analisis dan perancangan proses komunikasi bisnis dalam sistem informasi berbasis teknologi guna mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian manajemen. Mahasiswa juga akan memahami konsep ekonomi yang berkaitan dengan komunikasi bisnis, termasuk strategi komunikasi dalam bisnis global dan dampaknya terhadap keputusan ekonomi organisasi

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    • Pengantar Komunikasi Bisnis
    • Semangat Kemandirian, Kejuangan, dan Kewirausahaan dalam Komunikasi Bisnis
    • Komunikasi Bisnis dalam Konteks Internasional
    • Teknologi Informasi dalam Komunikasi Bisnis
    • Strategi Komunikasi untuk Pengambilan Keputusan dan Pengendalian Manajemen
    • Komunikasi dalam Negosiasi dan Manajemen Konflik
    • Komunikasi Bisnis dalam Perspektif Ekonomi
    • Praktik dan Simulasi Komunikasi Bisnis

  • Pustaka
    • Sutrisna Dewi, 2006, Komunikasi Bisnis, Andi Yogyakarta.
    • Joko Purwanto, 2007, Komunikasi Bisnis, Jakarta: Erlangga.
    • Suharsono, 2013, Komunikasi Bisnis, Jakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service).
    • Burhanudin, 2015, Komunikasi Bisnis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
    • Mahmud Machfoed, 2002, Dasar-dasar Komunikasi Bisnis, UPP AMP YKPN, YogyakartaUbaidillah Kamal dkk, Hukum Ekonomi, Semarang: BPFH UNNES, 2018.
    • Buchori, Imam, Mohammad Dliyaul Muflihin, and Mochammad Ilyas Junjunan. "Measuring the Strength of UIN Sunan Ampel Surabaya in Achieving PTN-BH." Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE) 7.1 (2024): 33-48. https://e-journal.uac.ac.id/index.php/iijse/article/view/3934 
    • Muflihin, Mohammad Dliyaul, Ade Irma Suryani Lating, and Mochammad Ilyas Junjunan. "Development of Muslim-Friendly Service Standardization In The Halal Tourism Industry in Indonesia." EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam 10.1 (2023): 157-169. https://doi.org/10.54956/eksyar.v10i1.452 

    • Papan tulis
    • Laptop
    • Proyektor

    dosen-komunikasi-bisnis
    Dr. Binti Shofiatul Jannah, SE, M.S.A., CSRS., CSRA., CPIA
    199007292019032022
    dosen-komunikasi-bisnis
    Mochammad Ilyas Junjunan, SE., MA.
    199303302019031009
    dosen-komunikasi-bisnis
    Mohammad Dliyaul Muflihin, S.E.I., M.E
    199401052023211020
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester