Mata kuliah Praktik Pengajaran merupakan mata kuliah lapangan yang dirancang untuk memberikan pengalaman nyata bagi mahasiswa dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran di sekolah atau lembaga pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan mengaplikasikan teori-teori pedagogis, metodologi pembelajaran, dan manajemen kelas yang telah dipelajari sebelumnya.
Kegiatan utama dalam mata kuliah ini meliputi:
Observasi Kelas – Mahasiswa mengamati proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru pamong atau dosen pembimbing untuk memahami dinamika kelas.
Perencanaan Pembelajaran – Mahasiswa menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau lesson plan berdasarkan kurikulum yang berlaku.
Praktik Mengajar – Mahasiswa melaksanakan pembelajaran di kelas nyata dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing.
Evaluasi Pembelajaran – Mahasiswa melakukan penilaian terhadap peserta didik dan merefleksikan proses pembelajaran untuk perbaikan.
Diskusi dan Refleksi – Mahasiswa berpartisipasi dalam sesi umpan balik bersama dosen dan guru pamong untuk meningkatkan kompetensi mengajar.
Arends, R. I. (2014). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill.
Killen, R. (2016). Effective Teaching Strategies: Lessons from Research and Practice (7th ed.). Cengage Learning.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.
Darling-Hammond, L. (2017). Teacher Education Around the World: What Can We Learn from International Practice? European Journal of Teacher Education, 40(3), 291-309.
Korthagen, F. A. J. (2017). Inconvenient Truths About Teacher Learning: Towards Professional Development 3.0. Teachers and Teaching, 23(4), 387-405.
Rahayu, S., & Hadi, S. (2021). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45-56.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar untuk LPTK.
OECD. (2019). Teaching and Learning International Survey (TALIS). [Online]. Tersedia: https://www.oecd.org/education/talis/.
Edutopia. (2023). Effective Teaching Strategies. [Online]. Tersedia: https://www.edutopia.org/
1. White Board
2. LCD
3. Ruang Praktikum Pembelajaran
4. Komputer/ Laptop