Pendidikan Aqidah dan Kefilsafatan adalah mata kuliah yang menekankan pada praktik micro teaching untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan pedagogis dalam menyampaikan konsep akidah dan filsafat Islam secara efektif di berbagai lingkungan pendidikan. Mata kuliah ini dirancang untuk mengasah keterampilan mengajar, mahasiswa juga akan dilatih dalam merancang strategi pembelajaran yang inovatif dan kontekstual, sesuai dengan kebutuhan peserta didik di berbagai jenjang. Dengan perpaduan teori dan praktik, mata kuliah ini bertujuan mencetak calon pendidik yang tidak hanya memahami substansi ajaran Islam secara mendalam tetapi juga mampu mengajarkannya secara sistematis, argumentatif, dan relevan dengan tantangan zaman.
1. Pengenalan Peran Seorang Pendidik
2. Strategi Pembelajaran
3. Metode Pembelajaran
4. Media Pembelajaran
5. Praktik Micro Teaching
1. Asrori dan Rusma, Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Pendekatan Filsafat Islam Klasik. Malang: Pustaka Learning Center, 2020.
2. Aisyah Nuramini, dkk. Metode Pembelajaran Berbasis Kurikulum Merdeka. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
3. Desty Putri Hanifah, dkk. Teori dan Prinsip Pengembangan Media Pembelajaran. Sukoharjo: Pradina Pustaka, 2022.
4. Evi Fatimatur Rusydiyah, Teknologi Pembelajaran: Implementasi Pembelajaran Era 4.0. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2019.
5. Hendra, dkk. Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
6. Imas Masruroh Imtihanah, Micro Teaching: Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2022.
7. Irwan Sutiawan, Peran Guru dalam Pendidikan Karakter Era Society 5.0. Sukabumi: Guepedia, 2023.
8. Mahfud Junaedi, Paradigma Baru: Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Prenada Media, 2019.
9. M. Suzanne Donovan dan John D. Brandsford, How Students Learn: Science in The Classroom. Washington, D.C: National Academies Press, 2005.
10. Nunuk Suryani, dkk. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2019.
11. Robert Fisher, Teaching Children to Think, 2nd Edition. United Kingdom: Nelson Thornes, 2005.
12. Robert J. Marzano dan John L. Brown, A Handbook for The Art and Science of Teaching. USA: ASCD, 2009.
13. Tim O'Brien dan Dennis Guiney, Differentiation in Teaching and Learning: Principles and Practice. London: Continuum, 2001.
1. Laptop
2. Smart TV
3. Office
4. E-Book
5. PPT