Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

March 26, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini melanjutkan pembahasan dari materi Pemikiran Modern dalam Islam (PMDI), dengan fokus pada pengembangan lebih lanjut tentang cara-cara baru dalam memahami teks-teks keagamaan yang ditawarkan oleh tokoh-tokoh Muslim di abad kontemporer. Mahasiswa akan diajak untuk mengkaji pemikiran para intelektual Muslim, baik dari Indonesia maupun dalam konteks global, yang menawarkan perspektif baru dalam menafsirkan ajaran Islam. Melalui kajian ini, diharapkan mahasiswa dapat memahami dinamika perubahan pemikiran Islam yang modern dan kontekstual sesuai dengan tantangan zaman.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Sejarah dan Perkembangan Pemikiran Islam di Abad Kontemporer: Mengkaji sejarah pemikiran Islam-Arab kontemporer, mencakup perubahan dan dinamika yang terjadi dalam konteks global.
    2. Pembaruan Pemikiran Islam di Dunia Arab: Mempelajari gagasan dan konsep pembaruan pemikiran Islam dari tokoh-tokoh seperti Hasan Hanafi, Yusuf Qaradhawi, Muhammad Arkoun, dan M. Abid al-Jabiri
    3. Pembaruan Pemikiran Islam di Dunia Barat dan Iran: Mengupas ide-ide progresif dari intelektual seperti Fazlur Rahman, Khaled Abou El Fadl, Abdullah Saeed, dan Abdul Karim Soroush.
    4. Pembaruan Pemikiran Islam di Indonesia: Mengkaji pemikiran pembaruan dari tokoh-tokoh Indonesia seperti Nurcholish Madjid, Abdurrahman Wahid, dan M. Amin Abdullah dalam konteks lokal dan global.

  • Pustaka
    1. Abou El Fadl, Khaled. Atas Nama Tuhan: Dari Fikih Otoriter ke Fikih Otoritatif. Penerbit Serambi, 2004.
    2. ———. Selamatkan Islam Dari Muslim Puritan. Penerbit Serambi, 2006.
    3. ———. Speaking in God’s Name: Islamic Law, Authority and Women. Simon and Schuster, 2014.
    4. ———. “The Great Theft: Wrestling Islam from the Extremists.” New York (2005).
    5. ———. The Search for Beauty in Islam: A Conference of the Books. Rowman & Littlefield, 2006.
    6. Akhavi, Shahrough. “The Dialectic in Contemporary Egyptian Social Thought: The Scripturalist and Modernist Discourses of Sayyid Qutb and Hasan Hanafi.” International Journal of Middle East Studies 29, no. 3 (1997): 377–401.
    7. Arifin, Muhammad Patri. “Hermeneutika Fenomenologis Hasan Hanafi.” Rausyan Fikr: Jurnal Ilmu Studi Ushuluddin dan Filsafat 13, no. 1 (2017): 1–26.
    8. Arkoun, Mohammed. Islam: To Reform or to Subvert? Vol. 7. Saqi, 2012.
    9. Arkoun, Mohammed, and Robert D. Lee. Rethinking Islam: Common Questions, Uncommon Answers. Routledge, 2019.
    10. Boullata, Issa J. Dekonstruksi Tradisi; Gelegar Pemikiran Arab Islam. LKIS PELANGI AKSARA, 2002.
    11. Fadoil, H. “Konsep Pemerintahan Religius Dan Demokrasi Menurut Abdul Karim Soroush Dan Ayatullah Khomeini.” Al-Daulah: Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam 3 (2013).
    12. Faisol, Muhammad. “Struktur Nalar Arab-Islam Menurut Abid al-Jabiri.” Tsaqafah 6, no. 2 (2010): 335–359.
    13. Gufron, M. “Transformasi Paradigma Teologi Teosentris Menuju Antroposentris: Telaah Atas Pemikiran Hasan Hanafi.” Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities 3, no. 1 (2018): 141–171.
    14. Hanafi, Hasan, Muhammad Abid Al Jabiri, and Umar Bukhory. “Dialog Timur Dan Barat: Menuju Rekonstruksi Metodologis Pemikiran Politik Arab Yang Progresif Dan Egaliter” (2015).
    15. Hanafi, Hassan. “From Orientalism to Occidentalism.” Ishraq: Islamic Philosophy Yearbook 1 (2010): 15–22.
    16. Jauhari, Cholliq Muntaha, and Raden Lukman Fauroni. “Analisis Epistimologi Burhani Muhammad Al-Jabiri (Kritik Nalar Arab)” (2015).
    17. Juliansyahzen, Muhammad Iqbal. “Rekonstruksi Nalar Arab Kontemporer Muhammad ‘Abed Al-Jabiri.”Indonesian Journal of Islamic Law 1, no. 2 (2019): 16–38.
    18. Lukman, Fadhli. “Hermeneutika Pembebasan Hasan Hanafi Dan Rele-Vansinya Terhadap Indonesia.” Jurnal Al-Aqidah 6 (2014).
    19. Muhajir, Taufiq Amirul. “Abdul Karim Soroush’s Thought on Contraction and Expansion in Religious Knowledge’.” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (2016).
    20. Rahman, Fazlur. Islam. University of Chicago Press, 2020.
    21. ———. Islam and Modernity: Transformation of an Intellectual Tradition. Vol. 15. University of Chicago Press, 1984.
    22. ———. Islam Sejarah Pemikiran Dan Peradaban. Mizan Pustaka, 2020.
    23. ———. “Islamic Modernism: Its Scope, Method and Alternatives.” International Journal of Middle East Studies1, no. 4 (1970): 317–333.
    24. ———. Tema-Tema Pokok Al-Quran. Mizan Pustaka, 2017.
    25. Ridwan, Ahmad Hasan. “Kritik Nalar Arab: Eksposisi Epistemologi Bayani,‘Irfani Dan Burhani Muhammad Abed Al-Jabiri.” Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 12, no. 2 (2016): 187–222.
    26. Rihlasyita, Wilda. “Kiri Islam Hasan Hanafi Dan Oksidentalisme.” Al Yasini: Jurnal Keislaman, Sosial, hukum dan Pendidikan 4, no. 2 (2019): 112–122.
    27. Saeed, Abdullah. Freedom of Religion, Apostasy and Islam. Routledge, 2017.
    28. ———. Interpreting the Qur’an: Towards a Contemporary Approach. Routledge, 2005.
    29. ———. Islamic Thought: An Introduction. Routledge, 2006.
    30. ———. The Qur’an: An Introduction. Routledge, 2008.
    31. Shimogaki, Kazuo. Kiri Islam, Antara Modernisme Dan Postmodernisme; Telaah Kritis Pemikiran Hassan Hanafi. LKIS Pelangi Aksara, 2012.
    32. Soroush, Abdul Karim. “Menggugat Otoritas Dan Tradisi Agama.” Translated by Abdullah Ali. Bandung: Mizan(2002).
    33. Sulaeman, Mubaidi. “Pemikiran Hermeneutika Al-Qur’an Hasan Hanafi Dalam Studi Al-Qur’an Di Indonesia.” Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1, no. 2 (2020): 1–26.
    34. Washil, Izzuddin. “Dilema Tradisi Dan Modernitas Telaah Atas ‘Kritik Nalar Arab’ Muhammad Abid Al-Jabiri.” Jurnal Khatulistiwa LP2M IAIN Pontianak 3, no. 2 (2013): 101–112.
    35. Abdullah, M. Amin. Dinamika Islam Kultural. IRCiSoD, 2020.
    36. ———. “Kajian Ilmu Kalam Di IAIN Menyongsong Perguliran Paradigma Keilmuan Keislaman Pada Era Milenium Ketiga.” Al-Jâmi’ah: Journal of Islamic Studies 38, no. 1 (2000): 78–101.
    37. ———. “Religion, Science, and Culture: An Integrated, Interconnected Paradigm of Science.” Al-Jami’ah: Journal of Islamic Studies 52, no. 1 (2014): 175–203.
    38. Barton, Greg. Abdurrahman Wahid: Muslim Democrat, Indonesian President. University of Hawaii Press, 2002.
    39. ———. Biografi Gus Dur: The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid. Lkis Pelangi Aksara, 2002.
    40. ———. Gus Dur: The Authorized Biography of Abdurrahman Wahid. Equinox Publishing, 2002.
    41. Janah, Nasitotul. “Nurcholish Madjid Dan Pemikirannya (Diantara Kontribusi Dan Kontroversi).” Cakrawala: Jurnal Studi Islam 12, no. 1 (2017): 44–63.
    42. Madjid, Nurcholish. Islam: Doktrin & Peradaban. Gramedia pustaka utama, 2019.
    43. ———. Islam: Doktrin Dan Peradaban. Yayasan Wakaf Paramadina Jakarta, 1992.
    44. ———. Khazanah Intelektual Islam. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2019.
    45. Naim, Ngainun. “Abdurrahman Wahid: Universalisme Islam Dan Toleransi.” Kalam 10, no. 2 (2016): 423–444.
    46. ———. “Islam Dan Pancasila: Rekonstruksi Pemikiran Nurcholish Madjid.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 10, no. 2 (2015): 435–456.
    47. Qardhawi, Yusuf. Fiqih Jihad: Sebuah Karya Monumental Terlengkap Tentang Jihad Menurut al-Quran Dan Sunnah. PT Mizan Publika, 2010.
    48. ———. Islam Jalan Tengah: Menjauhi Sikap Berlebihan Dalam Beragam. Mizan Pustaka, 2020.
    49. ———. Kebangkitan Islam Dalam Perbincangan Para Pakar. Gema Insani, 1998.
    50. ———. “Sistem Masyarakat Islam Dalam Al Qur’an & Sunnah.” Cet. ke (1997).
    51. Wahid, Abdurrahman. Tuhan Tidak Perlu Dibela. LKIS PELANGI AKSARA, 1999.
    52. Wahid, KH Abdurrahman. Menggerakkan Tradisi; Esai-Esai Pesantren. Lkis Pelangi Aksara, 2001.
    53. Juliansyahzen, Muhammad Iqbal. “Rekonstruksi Nalar Arab Kontemporer Muhammad ‘Abed Al-Jabiri.”Indonesian Journal of Islamic Law 1, no. 2 (2019): 16–38.
    54. Soleh, Achmad Khudori. “Pemikiran Islam Kontemporer.” Jendela, 2003.
    55. Yusdani, Yusdani, and M. Roem Syibli. “Diskursus Islam Kontemporer.” Millah: Jurnal Studi Agama (2009): 1–14.
    56. Zamzami, Mukhammad, Ghorbanali Karimzadeh Gharamaleki, Abdullah Hosseinieskandian, and Abd A’la. 2022. “On the Intersection of Science and Religion: A Critical Analysis of Abdulkarim Soroush’s Thought”. Religió Jurnal Studi Agama-Agama 12 (2):233-60. https://doi.org/10.15642/religio.v12i2.2167. (Integrasi Penelitian dan Pengabdian)
    57. Muktafi, Abdullah Haq Al Haidary, and Mukhammad Zamzami. 2022. “Rereading Sayyid Quṭb’s Islamism and Political Concept of Al-Ḥākimiyyah: A Critical Analysis”. Afkar: Jurnal Akidah Dan Pemikiran Islam 24 (1):271-310. https://doi.org/10.22452/afkar.vol24no1.8 (Integrasi Penelitian dan Pengabdian)

    1. Artikel Jurnal
    2. Buku
    3. E-Book
    4. Smart TV
    5. PPT

    dosen-pemikiran-kontemporer-dalam-islam
    Prof. Dr. H. Agus Aditoni, M.Ag.
    196210021992031001
    dosen-pemikiran-kontemporer-dalam-islam
    Dr. Isa Anshori, M.Ag
    197306042005011007
    dosen-pemikiran-kontemporer-dalam-islam
    Dr. Ahmad Khoirul Fata, M.Fil.I
    198104152011011012
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :3
    • Durasi :1 Semester