Mata kuliah Manajemen Sekolah membahas konsep, prinsip, dan praktik manajerial dalam mengelola lembaga pendidikan, khususnya sekolah. Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi berbagai aspek pengelolaan sekolah agar dapat berjalan secara efektif dan efisien. Lingkup materi pada mata kuliah ini meliputi konsep dasar manajemen sekolah, perencanaan sekolah, manajemen sumber daya sekolah, manajemen kurikulum dan pembelajaran, dan lain-lain. Mata kuliah ini mengombinasikan teori dan praktik, seperti studi kasus, simulasi pengelolaan sekolah, serta penyusunan rencana strategi sekolah. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip manajemen sekolah untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas pendidikan di lembaga sekolah.
- Konsep manajemen
sekolah - Teori manajemen - Prinsip manajemen
kurikulum - Model pengembangan kurikulum - Prinsip
pengelolaan sarana sekolah - Kemitraan
sekolah dengan masyarakat
1. Sutrisno, A., & Wahyuni, R. (2021). Evaluasi Manajemen Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 12(1), 45-60.
2. Rahman, T., & Lestari, S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(2), 112-128.
3. Hidayat, M. (2019). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah, 10(3), 99-113.
4. Putri, D. A., & Santoso, B. (2022). Strategi Manajemen Keuangan Sekolah untuk Optimalisasi Dana BOS. Jurnal Ekonomi Pendidikan, 8(1), 77-92.
5. Fauzan, I., & Syarif, A. (2023). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Manajemen Sekolah, 9(2), 135-150.
6. Wibowo, R. (2021). Pengaruh Manajemen Kurikulum terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 14(1), 88-104.
7. Handayani, L. (2020). Hubungan Manajemen SDM dan Motivasi Guru terhadap Kinerja Mengajar. Jurnal Administrasi dan Kepemimpinan Pendidikan, 11(2), 56-72.
8. Saputra, Y., & Wahyuningsih, E. (2023). Analisis Efektivitas Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Guru. Jurnal Pendidikan Profesional, 7(1), 121-137.
9. Herman, B. (2018). Manajemen Perubahan di Sekolah dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 5(3), 66-81.
10. Rahayu, S. (2022). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Manajemen Sekolah, 13(2), 145-160.- PPT materi
- LCD
- Kertas kerja
- Link youtube
- Video pembelajaran interaktif