Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

August 12, 2025

Jumlah SKS:

3 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Komunikasi Publik membahas konsep, teori, dan praktik komunikasi yang dilakukan di ruang publik, baik secara tatap muka maupun melalui media massa dan media digital. Mahasiswa akan mempelajari prinsip komunikasi efektif, etika komunikasi, retorika, dan strategi penyampaian pesan yang persuasif kepada audiens yang beragam. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang, menyampaikan, dan mengevaluasi pesan publik secara profesional dengan mempertimbangkan konteks sosial, budaya, dan perkembangan teknologi komunikasi.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
    1. Konsep Dasar Komukasi Publik
    2. Unsur & Proses Komukasi Publik
    3. Teori dalam Komukasi Publik
    4. Analisis Audiens
    5. Perancangan Pesan
    6. Public Speaking
    7. Retorika & Persuasi
    8. Komukasi Publik di Era Digital
    9. Manajemen Citra
    10. Komunikasi Krisis
    11. Etika & Hukum dalam Komukasi Publik
    12. ·  Presentasi Publik

  • Pustaka
    1. Cangara, H. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
    2. Coombs, W. T. (2014). Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding (4th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
    3. Effendy, O. U. (2011). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
    4. Fombrun, C. J. (1996). Reputation: Realizing Value from the Corporate Image. Boston: Harvard Business School Press.
    5. Heath, R. L., & Bryant, J. (2012). Human Communication Theory and Research (3rd ed.). New York: Routledge.
    6. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Harlow: Pearson Education.
    7. Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2011). Theories of Human Communication (10th ed.). Long Grove, IL: Waveland Press.
    8. Lucas, S. E. (2019). The Art of Public Speaking (13th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
    9. McQuail, D. (2010). McQuail’s Mass Communication Theory (6th ed.). London: SAGE Publications.
    10. Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
    11. Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
    12. Qualman, E. (2018). Socialnomics: How Social Media Transforms the Way We Live and Do Business (3rd ed.). Hoboken, NJ: Wiley.
    13. Aristotle. (2007). On Rhetoric: A Theory of Civic Discourse (2nd ed., Trans. George A. Kennedy). Oxford: Oxford University Press.
    14. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

    1. Laptop
    2. LCD
    3. MS PPt
    4. White board
    5. Board marker

    dosen-komunikasi-publik
    Muchammad Helmi Umam, S.Ag, M.Hum
    197905042009011010
    dosen-komunikasi-publik
    Nur Hidayat Wakhid Udin, S.H.I, M.A.
    198011262011011004
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :2
    • Durasi :1 Semester