Mata kuliah Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk MTs bertujuan memberikan pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam, termasuk Al-Qur’an, Hadits, Aqidah, Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari struktur dan isi kurikulum PAI di tingkat MTs, serta kedalaman materi pada setiap aspek dalam pembelajaran PAI. Perkuliahan akan
dilaksanakan dengan diskusi kelompok dan tugas berbasis proyek dengan mengintegrasikan deep learning secara kreatif, inovatif dan adaptif.
Materi
Al Quran Hadits di MTs Kelas VII, VIII, IX
Materi Akidah Akhlak di MTs Kelas VII, VIII, IX
Materi Fiqh di MTs Kelas VII, VIII, IX
Materi Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Kelas VII, VIII, IX
1. Moh. Abdul Hafidz, 2020, Al-Qur’An Hadis MTs Kelas VII, Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah.
2. Hasanuddin, 2019, PAI dan Budi Pekerti untuk SMP/MTs, Bandung: Remaja Rosdakarya.
3. Nurdin, 2021, Materi Inti Pendidikan Agama Islam SMP/MTs, Yogyakarta: Deepublish.
4. Abdullah, 2022, PAI Berbasis Karakter untuk SMP/MTs, Surabaya: Litera Media.
5. Fathoni, 2023, Pendidikan Agama Islam Kontekstual untuk Remaja SMP, Malang: UMM Press.
6. Samsuddin & Daulay, 2024, Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Deepublish
7. Rudi Hartono, 2023, Multi - strategi dalam Pembelajaran PAI, Jakarta: Prenada Media
8. Abdul Azid Muttaqin, 2022, Strategi Ekspositori dan Inkuiri dalam Pembelajaran PAI, Bandung: Alfabeta
9. Khusnul Khotimah, 2020, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Press
10. Syamsul Bahri, 2018, Strategi Pembelajaran PAI yang Efektif dan Menyenangkan, Jakarta: Rajawali Pers.
11. Hidayatullah, 2019, Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran PAI, Bandung: Alfabeta.
12. Nugroho & Lestari, 2020, Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk PAI, Malang: UMM Press.
13. Munir, 2021, E-Learning dalam Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
14. Syaiful Anwar, 2023, Pemanfaatan Augmented Reality dalam Pembelajaran PAI, Surabaya: Litera Media.
15. Irfan Jauhari, 2017, Evaluasi Pembelajaran PAI di Sekolah Menengah Pertama, Jakarta: Gramedia.
16. Rahmat Hidayat, 2022, Manajemen Kelas dalam Pembelajaran PAI, Bandung: Alfabeta.
17. Latif, 2021, Desain Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka, Jakarta: Bumi Aksara.
18. Syaifullah, 2016, Dasar-Dasar Pendidikan Islam untuk Guru PAI, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
19. Ahmad Zain, 2023, Filosofi dan Konsep Pendidikan Agama Islam, Surabaya: UINSA Press.
20. Ahmad Mustafa Al Maraghi, 1995, Tafsir Al-Maraghi. Semarang: CV Thoha Putra.
21. Ali Usman,1976. Hadis Qudsi, Bandung, PT Diponegoro.
22. Dr. Husaini A. Majid Hsyim, 2003, Syarah Riyadhus Shalihin, Alih Bahasa oleh: Mu’ammal Hamidy dan Drs. Imron A. Manan. PT Bina Ilmu Surabaya.
23. Departemen Agama Republik Indonesia. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: CV. Nalanda.
24. Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, 1994. Ensiklopedi Islam, Cetakan ke-2 Jakarta, PT. Ichtiar Baru van Hoeve.
25. Khalil Munawar, K.H. 1985. Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad Saw.. Jakarta: Bulan Bintang.
26. Iim Abdur rohim, Acep.2003, Pedoman Ilmu Tajwid Lengkap, Bandung, CV Diponegoro.
27. Muhammad Fu’ad Abdul Baqi, 2010. Al Lu’lu’ wal Marjan Fima Ittafaqa Alaihi Asy Syaikhani Al Bukhari wa Muslim, Kumpulan Hadis Shahih Bukhari Muslim, Penterjemah Arif Rahman Hakim, Insan Kamil, Solo.
28. Muhammad Quraish Shihab, 1997.Tafsir atas Surat-surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu, Pustaka Hidayah.
29. Muhammad Quraish Shihab, 1996. Wawasan Al-Qur”an, Tafsir Maudu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat, Mizan, Bandung,
30. ______,1996. Menyingkap Tabir Ilahi, Asmal Husna dalam Perspektif Al-Qur’an, Mizan, Bandung.
Proyektor
Laptop
Kertas
Gawai
Google Schoolar