Administrator

Admin

Terakhir diupdate:

September 6, 2025

Jumlah SKS:

2 SKS

Deskripsi Mata Kuliah

  1. Mata kuliah ini membahas tentang konsep, teori, dan aplikasi perilaku konsumen dalam konteks pemasaran dan manajemen dakwah. Fokus utama mencakup proses pengambilan keputusan konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhinya (psikologis, sosial, budaya, dan pribadi), serta implikasinya terhadap strategi dakwah dan pemasaran program-program keagamaan. Tujuan utama mata kuliah ini adalah membekali mahasiswa dengan pemahaman yang komprehensif tentang cara konsumen berpikir, merasa, dan bertindak dalam memilih produk, jasa, atau layanan dakwah, sehingga mampu menyusun strategi dakwah yang tepat sasaran. Mata kuliah  juga  ini mengajarkan mengenai analisis berbagai kasus manajemen dengan teori perilaku konsumen yang relevan, mengidentifikasi permasalahan yang ada serta memberikan pilihan solusi.

  • Pokok Bahasan / Bahan Kajian
  • 1. Konsep dasar perilaku konsumen
    2. Teori dan model perilaku konsumen
    3. Pengaruh lingkungan dalam perilaku konsumen
    4. Tipe-tipe konsumen dan segmentasi pasar
    5. Proses pengambilan keputusan konsumen
    6. UU Perlindungan konsumen
    7. Pengaruh kebudayaan terhadap pembelian dan konsumen
    8. Pengaruh kelas sosial dan status
     

  • Pustaka
  • Utama :
    1.    Situs www.swa.co.id
    2.    Manajemen Pemasaran, Analisis Perilaku Konsumen, Hani Handoko, Yogyakarta
    3.    Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran, Sutisna, Rosda, Bandung
    4.    Consumers Behavior (Building Marketing Strategy), Hawkins Best Coney, MC GrawHill
    Pendukung :
    1.   Engel, James F.; Roger D. Blackwell and Paul W. Miniard. Consumer Behavior, 8th ed, The Dryden Press, Orlando, 1995.
    2.   Sciffman, Leon G. ; Leslie Lazar Kanuk. Cosumer Behavior, Prentice Hall, New Jersey, 1999                                                       

    Perangkat lunak :                                                                                                         
    Ms. Word, PDF Reader, MS. Power Point, Zoom, Google Classroom, Whatsapp

    Perangkat keras :
    PC/Laptop, Selfphone

    dosen-perilaku-konsumen
    Dr. Syaifuddin Zuhri, M.Si
    196610242014111001
    Preview
    • Koordinator :
      -
    • Dosen Pengajar :1
    • Durasi :1 Semester